News Kota   2023/05/05 18:9 WIB

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Minta Warga Perhatikan Listrik di Musim Kemarau

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Minta Warga Perhatikan Listrik di Musim Kemarau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi Kota Pekanbaru akan memasuki musim kemarau.

Menyikapi hal itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar waspadai ancaman kebakaran lahan.

Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, menindak lanjuti informasi dari BMKG pada bulan Juni-September akan memasuki musim panas atau kemarau, maka masyarakat perlu waspada.

"Kalau terhitung mei menurut informasi dari BMKG masih ada hujan. Tapi kalau terhitung juni-september itu sudah memasuki musim panas. Nah, jadi kondisi suhu panas itu akan memicu untuk terjadi kebakaran. Untuk itu kami meminta masyarakat supaya mewaspadai ancaman kebakaran," ujar Gurning, Kamis (4/5/2023).

Ia mengingatkan kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam penggunaan listrik. Pasalnya, banyak kasus kebakaran juga disebabkan adanya korsleting listrik.

Warga diminta agar seluruh stop kontak betul-betul jadi perhatian utama. Kalau ingin meninggalkan rumah agar seluruh peralatan listriknya dicabut.

"Kemudian juga, kami mengimbau kepada masyarakat jangan melakukan pembakaran-pembakaran lah. Terutama membakar lahan, apalagi kan lahan itu banyak yang dekat dengan pemukiman maka akan mengganggu kenyamanan lingkungan warga. Kita imbau supaya berhati-hati," imbaunya.

Untuk mengantisipasi ancaman kebakaran rumah maupun bangunan, warga bisa mengantisipasinya dengan menyiagakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di rumah.

"Pemilik rumah maupun gedung harus memeriksa secara rutin jaringan listrik. Mereka juga bisa mengantisipasi arus pendek dengan tidak memakai stop kontak berlebihan. Matikan listrik dan kompor ketika bepergian ke luar rumah dan lain sebagainya," jelasnya.

Masyarakat bisa melaporkan kejadian kebakaran lewat aplikasi smartrescue.pekanbaru.go.id. Ada juga panggilan darurat 0761 22382 atau sambungan 112. Masyarakat bisa melaporkan lewat aplikasi whats app. Laporan bisa melalui nomor 0822 8681 7166.

Ia menambahkan, berdasarkan data dari awal tahun hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 40 rumah dan bangunan (gedung) yang terbakar. Kemudian yang paling banyak itu adalah evakuasi penyelamatan sebanyak 75 kali.

75 kali itu khusus evakuasi penyelamatan seperti evakuasi ular piton, biawak, tawon dan bermacam kejadian lain yang membutuhkan pertolongan dari Damkar Pekanbaru. (*)

Tags : dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan, dpkp pekanbaru, dpkp minta warga perhatikan listrik, musim kemarau rawan kebakaran, news kota,