Pekanbaru   2024/09/14 13:5 WIB

Dinkes Pekanbaru Pastikan Setiap Porsi Makan Siang Gratis Sesuai Standar Gizi

Dinkes Pekanbaru Pastikan Setiap Porsi Makan Siang Gratis Sesuai Standar Gizi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru memastikan bahwa setiap porsi makanan dalam program makan siang sehat gratis di sekolah sesuai standar kebutuhan gizi.

"Setiap porsi makan siang gratis sesuai standar gizi."

"Kami memastikan bahwa setiap porsi makanan yang disajikan harus memenuhi sekitar 1.500 hingga 1.800 kalori, sesuai standar gizi anak-anak sekolah. Jenis menunya bisa bervariasi, tetapi komposisi gizi seperti protein, lemak, dan karbohidrat tetap harus dipenuhi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Fira Septiyanti, Jumat (13/9).

Ia menegaskan pentingnya penyesuaian menu yang tidak hanya bervariasi.

Tetapi juga tetap memenuhi kebutuhan kalori, protein, lemak, dan karbohidrat sesuai standar.

Dinkes Pekanbaru mengutamakan variasi dalam menu makanan untuk menjaga minat dan selera anak-anak terhadap makanan sehat.

Meski menu berganti-ganti setiap harinya, misalnya protein dari ayam pada satu hari dan dari ikan pada hari lainnya, standar kebutuhan gizi akan tetap dijaga.

"Variasi menu ini penting agar anak-anak tidak bosan. Misalnya, hari ini proteinnya dari ayam, besok dari ikan, tetapi kebutuhan kalorinya tetap sesuai," sebutnya.

Program ini dirancang untuk mendukung kesehatan dan perkembangan anak-anak di sekolah, dengan memperhatikan kebutuhan gizi yang seimbang.

Selain protein dan lemak, menu yang disajikan juga akan dilengkapi dengan serat dari sayuran dan buah-buahan, memastikan menu yang seimbang dan bernutrisi.

"Kalau kita melihat standarnya, kebutuhan kalori anak-anak sekolah berada di kisaran 1.500 hingga 1.800 kalori. Jadi, kami menyesuaikan setiap menu yang disajikan agar tetap memenuhi kebutuhan tersebut," jelas dr. Fira.

Dengan pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan, Dinkes berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan setiap makanan yang disajikan memenuhi kebutuhan gizi yang tepat bagi anak-anak sekolah di Pekanbaru.

Program ini nantinya diharapkan dapat mendukung perkembangan fisik dan kognitif anak-anak, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola makan sehat.

Untuk diketahui program makan siang sehat gratis ini merupakan program dari presiden terpilih yakni Prabowo Subianto yang nantinya akan mulai diterapkan secara masif pada tahun 2025. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : dinas kesehatan, pekanbaru, makan siang gratis, standar gizi, setiap porsi makan siang gratis sesuai standar gizi ,