Kesehatan   2024/07/18 11:59 WIB

Dinkes Siapkan 1.330 Pos Imunisasi Polio untuk Cegah Anak dari Kelumpuhan

Dinkes Siapkan 1.330 Pos Imunisasi Polio untuk Cegah Anak dari Kelumpuhan
Imunisasi Polio untuk cegah anak dari kelumpuhan.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru telah menyiapkan 1.330 pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) guna menyukseskan imunisasi polio.

"1.330 Pos Imunisasi Polio disiapkan di Pekanbaru."

"Selain di fasilitas kesehatan, pos PIN polio juga kami siapkan di pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti mal dan pasar. Totalnya ada 1.330 pos PIN yang kami siapkan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (17/7).

Program ini bertujuan melindungi anak-anak dari penyakit polio, yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

PIN polio akan dilaksanakan mulai 23 hingga 29 Juli mendatang. , menyebutkan ribuan pos tersebut dapat diakses warga di fasilitas kesehatan yang tersebar di 15 kecamatan.

Saat ini, Diskes bersama pihak kecamatan terus mensosialisasikan pelaksanaan PIN polio kepada warga.

Sosialisasi dilakukan melalui media sosial dan pusat-pusat perbelanjaan untuk memastikan informasi menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Kami optimis, pada 23 Juli nanti, PIN polio bisa dilaksanakan dengan baik," ujar Ingot.

Targetnya, 90 persen anak-anak di Kota Pekanbaru dapat menerima imunisasi polio selama pekan tersebut. Untuk mencapai target ini, Diskes juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat dalam mendata anak-anak yang menjadi sasaran imunisasi.

"Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan semua anak usia sasaran terdata dengan baik. Kami ingin memastikan tidak ada anak yang terlewatkan," tutup Ingot dikutip dari pekanbaru.go.id.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, Pemko Pekanbaru berharap pelaksanaan PIN polio tahun ini berjalan lancar dan sukses, sehingga anak-anak Kota Pekanbaru terlindungi dari ancaman penyakit polio. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : imunisasi polio, pekanbaru, pos imunisasi polio, cegah anak dari kelumpuhan,