Artikel   2023/07/24 11:11 WIB

Diperingatan HUT KNPI Ke-50 2023, Larshen Yunus: Ini adalah Momen Bersejarah Bagi Perjalanan Pemuda Indonesia

Diperingatan HUT KNPI Ke-50 2023, Larshen Yunus: Ini adalah Momen Bersejarah Bagi Perjalanan Pemuda Indonesia
Larshen Yunus, Ketua DPD I KNPI Riau.

DIMOMEN Hari Ulang Tahun [HUT] Komote Nasional Pemuda Indonesia [KNPI] ke-50 2023 yang merupakan hari bersejarah bagi perjalanan Pemuda Indonesia diperingati setiap pada hari Minggu, 23 Juli 2023.

"Tanggal tersebut di [50 tahun] lalu telah dideklarasikan pendirian Komite Nasional Pemuda Indonesia [KNPI]. Tentunya bukan waktu yang singkat dan mudah karena KNPI masih dapat eksis hingga kini, di tengah arus perubahan yang begitu deras," kata Larshen Yunus, Ketua DPD I KNPI Riau, Minggu (23/7).

"Perayaan 50 tahun ini menjadi hari ulang tahun emas bagi KNPI."

"Sebagai generasi muda dan generasi penerus, kita sebagai pemuda wajib merenung dan merayakan peran penting KNPI dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia sepanjang lima dekade terakhir," sebutnya.

Sebagai organisasi pemuda yang mewakili beragam suku, budaya, agama, dan pandangan politik, KNPI telah berkontribusi signifikan dalam membina semangat persatuan dan mengatasi perbedaan dalam membangun Indonesia yang kokoh dan berdaulat.

Menurutnya, peringatan HUT emas KNPI tentunya dihadapkan pada sejarah dan mengenang perjalanan panjang sebagai organisasi keberhimpunan yang menjadi garda terdepan pemuda Indonesia.

Sejak didirikan pada 1973, KNPI menjadi wadah bagi para pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam membangun bangsa, berkontribusi dalam berbagai bidang, dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan.

Di tengah kompleksitas Indonesia yang beragam, kata Larshen lagi, KNPI selalu menjunjung tinggi semangat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. KNPI telah belajar untuk menghargai keberagaman sebagai kekuatan bangsa, bukan sebagai pemisah.

Sebagai organisasi pemuda, KNPI menyadari tanggung jawabnya dalam memupuk rasa persaudaraan antarsuku, antarbudaya, dan antaragama. Sebab, menjadi tugas utama KNPI sebagai insan muda Indonesia untuk menguatkan ikatan sebagai satu bangsa, satu Indonesia sebagai manifestasi deklarasi pendirian KNPI.

"Sebagai perwakilan dari generasi muda, harusnya setiap insan yang berhimpun dalam KNPI percaya bahwa persatuan dan kesatuan adalah fondasi kemajuan bangsa," harap Larshen Yunus yang juga sebagai Wakil Sekretaris Jenderal [Wasekjend] KNPI pusat ini.

Dalam perjalanan selama 50 tahun terakhir, KNPI telah menghadapi berbagai tantangan dan perbedaan pandangan.

Namun, harus selalu berusaha menemukan titik temu yang mempersatukan dan mendorong dialog konstruktif.

Tahun demi tahun, KNPI telah mengorganisasi berbagai kegiatan baik di Riau ini untuk menghadirkan rasa persatuan di kalangan pemuda Indonesia, katanya.

Dengan selalu mengajak berbagai elemen pemuda dari berbagai latar belakang untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat. Bersama-sama, insan KNPI harus belajar untuk memahami keunikan setiap suku, budaya, dan agama sebagai kekayaan yang memperkuat identitas Indonesia.

Menurutnya, insan KNPI juga harus terbuka agar menyadari pentingnya mengatasi isu-isu yang dapat memecah belah bangsa.

Di mana pilar utamanya adalah komitmen melawan segala bentuk ekstremisme, intoleransi, dan radikalisme yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebagai pemuda, KNPI harus menjadi agen perdamaian dan cinta Tanah Air.

Di usia 50 tahun ini, setiap insan KNPI harus berani berjanji untuk terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Dengan senantiasa terus berusaha untuk mempererat tali persaudaraan di antara pemuda Indonesia, mengajak seluruh generasi muda untuk berkontribusi dalam memajukan bangsa.

Bersama-sama bergerak maju sebagai bangsa yang berpadu, teguh, dan bermartabat. Dalam menghadapi tantangan masa depan, KNPI harus tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Sebab, dengan kepercayaan bahwa hanya dengan bersatu, Indonesia dapat menghadapi setiap cobaan dengan kokoh dan menggapai masa depan yang lebih gemilang.

Tahun politik 2024, menurutnya, juga menuntut setiap insan KNPI agar semakin berkomitmen pada nilai-nilai keadilan, demokrasi, dan persatuan. KNPI juga harus menjadi kekuatan positif yang memajukan dialog konstruktif, bukan memecah belah bangsa.

"Sebagai pemuda Indonesia, KNPI harus menyadari bahwa masa depan bangsa ini ada di tangannya. Oleh karena itu, komitmen berpegang pada etika politik, mengutamakan kepentingan bersama di atas segalanya," kata dia.

Perjuangan KNPI tidak akan pernah berhenti di hadapan tantangan dan perubahan zaman. Tahun politik 2024 adalah ujian bagi soliditas KNPI sebagai organisasi pemuda yang berintegritas. Sebab, dengan landasan komitmen untuk memastikan bahwa suara pemuda didengar, aspirasi pemuda dapat direpresentasikan melalui KNPI dan hak-hak pemuda dapat dihormati.

"KNPI harus bekerja keras untuk memastikan pemilu yang bersih, adil, dan transparan demi masa depan yang lebih cerah," sebutnya.

"Mari bersama-sama jaga persatuan dan kesatuan Indonesia, karena Indonesia adalah rumah kita bersama, tempat di mana kita bersatu dalam keberagaman dan menciptakan masa depan yang cerah bagi generasi mendatang," ajaknya.

Jadi Larshen Yunus sekalgi lagi mengajak dan sekaligus berharap, semoga refleksi ini mencerminkan semangat dan komitmen KNPI dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Di usia 50 tahun, KNPI memiliki tanggung jawab besar untuk terus menjadi pelopor dalam membangun Indonesia yang lebih bersatu, bersinergi dalam harmonisisasi bingkai NKRI. (*)

Tags : komite nasional pemuda indonesia, knpi, pemilu 2024, knpi riau, hut knpi ke 50 2023, momen bersejarah bagi perjalanan pemuda indonesia, news,