News Kota   2024/08/24 10:59 WIB

Dirjen Bakesbangpol dan FPK Riau Selenggarakan “Dari Bumi Lancang Kuning untuk Nusantara” 

Dirjen Bakesbangpol dan FPK Riau Selenggarakan “Dari Bumi Lancang Kuning untuk Nusantara” 

PEKANBARU - Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI, bersempena Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Riau Tahun 2024, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Forum Pembauran kebangsaan (FPK) Provinsi Riau, menyelenggarakan serangkaian acara dengan tema “Dari Bumi Lancang Kuning untuk Nusantara” pada 31 Agustus Sampai 1 September 2024 mendatang. Pada kesempatan itu Kemendagri juga menyerahkan Penghargaan untuk Provinsi serta Pemerintahan Kabupaten dan Kota se Indonesia.

Demikian disampaikan  Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Polpum Kemendagri RI,Dr. Drs. Drajat Wisnu Setyawan, M.M saat Jumpa Pers di Ruang Rapat Bakesbangpol Provinsi Riau Jalan Thamrin Pekanbaru Jumat, (23/8/2024). Pada kesempatan itu Drajat didamping Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si, Sekretaris Bakesbangpol Riau, Sri Petri Haryanti, S.Pd, Ketua FPK Riau, Drs.H.Auni M Noor, M.Si, Ketua Panitia Pelaksana Peng Suyoto beserta sejumlah pengurus FPK Provinsi Riau.

Drajat lebih jauh mengatakan serangakaian kegiatan yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau juga sebagai bentuk pembinaan penyelenggaraan pembauran kebangsaan dan pelestarian Bhinneka Tunggal Ika guna memelihara kerukunan nasional serta upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah.

"Pada 30 Agustus-01 September 2024 mendatang dilaksanakan sejumlah event besar. Pertama Penganugerahan Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota atas dukungannya dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 dirangkai Pagelaran Pesona Bhinneka Tunggal Ika, bertempat di Grand Central Hotel Pekanbaru pada tanggal 31 Agustus 2024," tuturnya.

Disebutkan, Penghargaan akan diberikan kepada seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia dalam mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta bendera Merah Putih Tahun 2024, namun pada kesempatan ini secara simbolis akan diserahkan secara langsung dari Kementerian Dalam Negeri RI kepada 30 perwakilan Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota. Masing-masing 10 untuk Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota.

Drajat mengatakan dipilihnya Provinsi Riau sebagai lokasi pemberian penghargaan secara nasional. Karena dari Waktu ke Waktu indek toleransi di Bumi Lancang Kuning ini semakin membaik. Selain suksesnya pelaksanaan event-event pembauran kebangsaan yang diselenggarakan FPK Provinsi Riau.

Selanjutnya Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si menambahkan kegiatan kedua yang dilaksanakn dalah Parade Bhinneka Tunggal Ika Tahun 2024, yan dirangkai Bazar UMKM dan Kuliner Nusantara bertempat di Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru pada Minggu, 1 September 2024. Parade diikuti lebih kurang 5.000 peserta pawai dari 67 Paguyuban, FPK dan komunitas lainnya. Sementara Bazar UMKM yang diikuti 42 Paguyuban dibawah binaan FPK Provinsi Riau yang menampilkan keranjinan tangan dan kuliner nusantara.

"Kami juga mengajak utusan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia untuk Wisata Sejarah Kebangsaan “Cagar Budaya Kesultanan Siak Sri Indrapura”, bertempat di Kabupaten Siak Sri Indrapura Provinsi Riau," katanya.

Jenri memaparkan, kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah Rapat Koordinasi (Rakor) FPK Provinsi Riau yang diikuti Bakesbangpol se-Provinsi Riau dan Pengurus FPK Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. Rakor FPK dilaksanakan mulai Jumat/30 Agustus hingga Minggu,1 September 2024 mengangkat tema "Pemberdayaan Keragaman Menuju Indonesia Emas 2045" yang menghadirkan Narasumber utama diantaranya dari Kemendagri RI, PJ Gubernur Riau dan Kapolda Riau.

Ketua Panitia Pelaksana Peng Suyoto mengatakan, panitia terus mematangkan persiapan acara. Dikatakan hingga saat ini ratusan utusan pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia sudah menyampaikan kepastian kehadirannya di Pekanbaru untuk mengikut acara. Peng berharap sejumlah kegiatan yang dilaksanakn FPK Riau memberikan multiplier effect kepada Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru terutama dengan meningkatnya pesanan hotel dan lain sebagainya.(rls)

Tags : Dirjen Bakesbangpol dan FPK Riau, Selenggarakan serangkaian acara, Dari Bumi Lancang Kuning untuk Nusantara, News Kota ,