Pendidikan   2022/03/30 13:8 WIB

Disdik Riau Liburkan Siswa dalam Menyambut Ramadan 1443 Hijriyah

Disdik Riau Liburkan Siswa dalam Menyambut Ramadan 1443 Hijriyah

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Riau meliburkan siswa dalam menyambut Ramadan 1443 Hijriyah berlaku dari tanggal 1 hingga 5 April 2022.

"Keputusan untuk meliburkan siswa di Ramadhan setelah menerima salinan pelaksanaan proses belajar mengajar dan libur sekolah selama Ramadan 1443 Hijriah dari Kemendikbudristek."

"Salinan aturan itu berlaku untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan disesuaikan dengan pembelajaran tatap muka terbatas, di masa pandemi COvid-19," kata Dr Kamsol seperti dirilis Media Center Riau, Selasa (28/3).

Kamsol mengatakan, aktivitas belajar mengajar akan diliburkan sebelum memasuki bulan Ramadan, mulai 1 hingga 5 April 2022. Selanjutnya, siswa kembali masuk selama bulan Ramadhan mulai 6 April hingga 22 April 2022.

Sedangkan untuk jadwal libur bersama lebaran dimulai 25 April sampai dengan 7 Mei 2022. Kemudian, kembali masuk ke sekolah pada 9 Mei 2022.

“Sesuai dengan kalender pendidikan yang telah dikeluarkan, proses belajar mengajar selama bulan Ramadan tetap berjalan. Liburnya saat akan masuk Ramadan, dan seminggu menjelang Idul Fitri. Satuan pendidikan merencanakan jadwal pembelajaran tatap muka terbatas setiap hari, maksima pelajaran 6 jam per hari,” ujar Kamsol.

Ia menuturkan, bahas pelaksanaan proses belajar mengajar tetap sesuai mata pelajaran. Sekolah juga melaksanakan kegiatan pesantren kilat dan kegiatan keagamaan lainnya. Dilaksanakan sebelum atau sesudah proses belajar mengajar tatap muka terbatas.

“Jadi selama bulan Ramadan, seluruh sekolah mengadakan pesantren kilat, dengan cara diblok harian sesuai dengan proporsi pembagian, jam belajar dan kegiatan.

"Selama pesantren kilat seluruh siswa dan guru-guru tetap menjalani protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” tandasnya. (*)

Tags : Dinas Pendidikan, Disdik Riau, Siswa Libur, Menyambut Ramadan 1443 Hijriyah, Pendidikan,