Pendidikan   2022/05/09 14:59 WIB

Disdik Riau Tegaskan Pasca Libur Idul Fitri Tetap Masuk Sekolah

Disdik Riau Tegaskan Pasca Libur Idul Fitri Tetap Masuk Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Dr H Kamsol

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau menghimbau kepada seluruh sekolah SMA/SMK, SD, dan SMP masuk sekolah tetap pada Senin 9 Mei 2022 pascalibur bersama Idul Fitri 1443 Hijiriah.

"Disdik Riau menegaskan pasca libur Idul Fitri 1443 Hijriyah tetap masuk sekolah."

“Jadwal masuk sekolah tidak ada perubahan, tetap 9 Mei. Memang ada informasi libur sekolah diperpanjang karena kondisi arus balik libur Lebaran yang mengalami kemacetan panjang,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Dr Kamsol pada wartawan, Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Ia mengatakan jadwal masuk sekolah sesuai dengan jadwal awal pada 9 Mei 2022 dan tidak ada perpanjangan jadwal libur.

Tetapi Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi telah memperpanjang libur sekolah di daerah tertentu untuk mengurai kemacetan.

“Itu bukanlah untuk wilayah Sumatra termasuk Riau, aturan itu hanya untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Karana memang di daerah tersebut macetnya luar biasa. Dan kita juga belum terima surat edarannya, apakah libur atau tidak, intinya sekolah tetap masuk 9 Mei, kecuali ada aturan barunya,” tambah Kamsol.

Untuk proses belajar mengajar usai Lebaran, Kamsol menjelaskan tetap belajar seperti biasa dalam suasana pandemi Covid-19. Karena hingga saat ini belum ada perubahan aturan proses belajar mengajar di masa pandemi.

“Belajar tetap menggunakan sistem pembelajaran 100 persen tatap muka terbatas. Belum ada perubahan di masa pandemi ini, pembelajaran tatap muka terbatas disesuaikan dengan kondisi daerah. Saat ini kasus Covid-19 di Riau sudah melandai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kemenristek Dikti mengeluarkan surat keputusan yang berisi memperpanjang libur sekolah untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat selama tiga hari hingga 11 Mei.

Keputusan tertuang dalam Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 7662/PK.02.01.05/PSMA 14 Juni 2021 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022 sebagai Acuan Teknis Kegiatan Pembelajaran di Satuan Pendidikan bahwa libur Idul Fitri bagi Peserta didik 25 April-10 Mei 2022. (*)

Tags : Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Kamsol, Disdik Riau, Pasca Libur Idul Fitri Tetap Masuk Sekolah,