Pendidikan   2024/02/16 16:44 WIB

Disdik Selenggarakan Isra Miraj, 'yang Diisi dengan Lomba-Lomba untuk Anak Sekolah'

Disdik Selenggarakan Isra Miraj, 'yang Diisi dengan Lomba-Lomba untuk Anak Sekolah'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sempena Isra Mikraj tahun 2024 di pusatkan di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

"Isra Miraj diisi dengan lomba-lomba untuk anak sekolah."

"Sekaligus untuk memberikan motivasi anak-anak untuk terus belajar tentang pengetahuan agama, keterampilan dalam agama Islam dan kedekatan serta kecintaan mereka sebagai umat Islam kepada ajaran agama itu sendiri," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Dr Abdul Jamal.

Pemko Pekanbaru melalui Disdik Kota Pekanbaru taja gema Isra Mikraj dari tanggal 17-19 Februari 2024 dengan mengisi kegiatan lomba-lomba khusus untuk anak-anak sekolah dari TK, SD/MI, dan SMP/MTs.

Berbagai lomba dilaksanakan memeriahkan hari besar agama Islam.

"Ini sebagai bentuk dan upaya meningkatkan pengetahuan,  ketarampilan dan juga kedekatan anak-anak sekolah dari TK, SD/MI, SMP/MTs terhadap ilmu agama," kata Abdul Jamal didepan media, Jumat (16/2).

Ada sembilan item.lomba yanh dilaksanakan dan melibatkan anak-anak sekolah, kata Jamal. Yakni, Pil Dai Cil (Pemilihan Dai Cilik), lomba Muratol tingkat TK dna SD, lomba Kaligrafi, lomba Bercerita tingkat SD, lomba Cerdas Cermat tingkat SMP/MTs, lomba Mewarnai tingkat TK, lomba Baca Puisi tingkat SD, lomba Salat Subuh Berjamaah tingkat TK dna lomba Azan tingkat TK.

Dari seluruh lomba yang akan melibatkan ribuan anak-anak sekolah itu Disdik Kota Pekanbaru sudah membaginya dalam beberapa kelompok. Khusus yang langsung di ditangani Disdik Kota Pekanbaru empat lomba yakni, lomba cerdas cermat, lomba mewarnai, lomba salat berjamaah dan azan.

"Cerdas cermat sudah kita mulai seleksi hari ini di aula Disdik Kota Pekanbaru dan diikuti 63 tim dari seluruh SMP/MTs se Pekanbaru," papar Abdul Jamal.

"Nanti tim yang masuk semi final dan final akan kita gelar di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru, di pusat Gema Isra Mikraj Kota Pekanbaru bersamaan dengan kegaiatan lainnya," sambungnya.

Khusus untuk lomba bercerita dan baca puisi itu diadakan di perpustakaan dan arsip daerah di Jalan Cut Nyak Dien.

Untuk lomba Mewarnai yang diperkirakan akan diikuti dua ribuan anak TK se Pekanbaru akan diadakan Senin 19 Februari 2024 pagi di Jalan Cut Nyak Dien sama dengan kegiatan lomba azan dan salat berjemaah tingkat TK.

Untuk pemenang lomba-lomba ini Disdik Kota Pekanbaru sudah menyiapkan reward berupa hadiah-hadiah dan juga sertifikat pemenang lomba.

"Serifikat ini khusus kita siapkan untuk anak-anak sebagai referensi mereka anak-anak berprestasi sehingga nanti saat masuk sekolah lanjutan baik SD ataupun SMP dan SMA mereka bisa gunakan," ujarnya.

Abdul Jamal juga mengatakan untuk ke depan, pihaknya akan memperbanyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak didik dalam meningkatkan prestasi dan kemampuan akademiknya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : isra miraj, disdik kota pekanbaru, selenggarakan hari besar islam, isra miraj diisi dengan lomba-lomba anak sekolah, pendidikan,