Headline Pendidikan   2024/06/20 11:4 WIB

Disdik Siapkan Jaringan Internet Mempuni untuk Penerimaan Siswa Baru, 'yang Bisa Diawasi Ortu Setiap Hari'

Disdik Siapkan Jaringan Internet Mempuni untuk Penerimaan Siswa Baru, 'yang Bisa Diawasi Ortu Setiap Hari'

PEKANBARU,RIAUPAGI.COM - Selama ini Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB] tahun 2024 di Pekanbaru dengan menggunakan jaringan internet di sekolah-sekolah dinilai masih lemah, tetapi untuk tahun 2024 terus dibenahi jadi mempuni.

"Disdik siapkan jaringan internet untuk PPDB Online untuk tingkat SD dan SMP Negeri."

"Dinas pendidikan dan jajaran harus memastikan jaringan server serta sistem dalam PPDB ini harus siap," kata Asisten I Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Rabu (19/6).

Tahun ini, sistem pendaftaran PPDB di Pekanbaru akan berlangsung secara online, memerlukan persiapan yang matang dari segi infrastruktur teknologi.

Masykur Tarmizi mengingatkan Disdik dan sekolah untuk mengantisipasi segala kendala yang mungkin muncul selama proses PPDB berlangsung.

Masykur menekankan pentingnya melakukan uji coba untuk memastikan kesiapan server dan jaringan internet.

Uji coba ini tidak hanya bertujuan untuk memeriksa kesiapan teknis, tetapi juga untuk mengidentifikasi dan mengatasi kelemahan sistem sebelum PPDB online 2024 dimulai.

"Uji coba sistem ini juga jadi sarana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat maupun orangtua calon peserta didik," tambahnya.

Masykur berharap dengan adanya sosialisasi, masyarakat dan orangtua calon siswa akan lebih paham dan siap menghadapi proses PPDB yang baru ini.

Dalam upaya mengedukasi masyarakat, Masykur mendorong dinas pendidikan dan sekolah untuk aktif mengadakan sosialisasi.

"Sosialisasi tentu bisa memberi edukasi kepada masyarakat dan orangtua calon peserta didik," jelasnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, calon peserta didik baru SMP dapat mendaftar melalui laman situs PPDB online smp.ppdbpekanbaru.id dari tanggal 26-30 Juni 2024.

Sementara itu, pendaftaran untuk calon peserta didik SD dapat dilakukan melalui sd.ppdbpekanbaru.id dari tanggal 1-4 Juli 2024.

Dengan persiapan yang matang dan sosialisasi yang efektif, diharapkan proses PPDB 2024 di Pekanbaru akan berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti.

Sementara, Kadisdik Kota Pekanbaru, Dr Abdul Jamal M.Pd mengaku tahun ini [2024], Kota Pekanbaru melangkah maju dalam proses PPDB dengan menerapkan sistem online untuk tingkat SD dan SMP negeri.

"Artinya, masyarakat dan semua orang bisa turut mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online," kata Abdul Jamal.

Calon peserta didik dapat mendaftar melalui link yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Abdul Jamal, mengungkapkan bahwa penerapan PPDB secara online memungkinkan masyarakat untuk memantau langsung pelaksanaan PPDB melalui situs resmi yang telah disediakan oleh Disdik.

Penerapan sistem online ini juga bertujuan untuk mencegah praktik suap dan gratifikasi, serta menghindarkan masyarakat dari calo yang menawarkan jasa masuk sekolah negeri dengan cara yang tidak resmi.

"Dengan sistem ini, kita harapkan transparansi dan keadilan dalam proses penerimaan peserta didik dapat lebih terjamin," tambah Abdul Jamal.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya, pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://ppdbpekanbaru.id/.

Link ini akan aktif dan dapat diakses oleh masyarakat saat pendaftaran dimulai pada akhir bulan ini.

Meskipun proses pendaftaran dilakukan secara online, masyarakat masih diberi kebebasan untuk datang ke sekolah guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan PPDB.

"Uji coba tahun ini khusus untuk PPDB online tingkat SD, jadi bagi orangtua yang belum familiar dengan cara mendaftar secara online dapat datang ke sekolah untuk mendapatkan petunjuk dari petugas operator," sebutnya.

Dengan adanya sistem PPDB online ini, diharapkan proses penerimaan peserta didik baru di Pekanbaru akan berjalan lebih transparan, efisien, dan bebas dari praktik-praktik yang tidak diinginkan. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : PPDB Online, PPDB Online SD dan SMP Negeri, Disdik Siapkan Jaringan Internet untuk Penerimaan Siswa Baru, Warga Awasi PPDB Online SD dan SMP Negeri,