Pekanbaru   2023/09/27 13:19 WIB

Dishub Pekanbaru Pasang Portal di Jalan Pesantren, 'untuk Cegah Truk Bertonase Besar Masuk Kota'

 Dishub Pekanbaru Pasang Portal di Jalan Pesantren, 'untuk Cegah Truk Bertonase Besar Masuk Kota'
Dishub Pekanbaru pasang portal di Jalan Pesantren cegah truk tonase besar masuk kota

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, akhirnya memasang portal di Jalan Pesantren.

"Portal itu dipasang untuk mencegah truk bertonase besar masuk kota."

"Portal di jalan pesantren sudah siap dikerjakan tadi. Sementara di jalan pemuda tengah progres pengerjaan. Portal tersebut tingginya 3 meter dan tidak bisa dilalui oleh truk bertonase besar di atas 8 ton, tetapi masih bisa dilalui oleh truk bertonase di bawah 8 ton," kata Kabid Angkutan Dishub Pekanbaru, Khairunnas, Selasa (26/9).

Portal itu dipasang untuk mencegah truk bertonase besar dengan berat di atas 8 ton tidak bisa melintas jalan tersebut.

Pemasangan portal dilakukan oleh Dishub bersama Satlantas Kota Pekanbaru dan pihak sponsor. Portal yang dipasang berupa besi pipa yang berukuran besar yang melintang di atas Jalan Pesantren setinggi 3 meter.

Di lokasi itu, Dishub Pekanbaru juga memasang rambu lalu lintas yang berisi larangan truk bertonase besar melintas di Jalan Pesantren dari arah Lintas Timur.

Kabid Angkutan Dishub Pekanbaru, Khairunnas mangatakan, pihaknya bersama dengan instansi terkait telah meninjau pemasangan portal di Jalan Pesantren tersebut. Pihaknya juga memastikan bahwa pemasangan portal tersebut telah selesai dengan baik.

Pemasangan portal dilakukan oleh pihak sponsor dan tidak menggunakan APBD Pemko. Meskipun portal tersebut telah dipasang dan tidak bisa dilalui oleh truk bertonase besar, Dishub bersama dengan instansi terkait tetap melakukan pengawasan terhadap truk bertonase besar masuk kota.

"Kami tetap melakukan pengawasan agar truk bertonase besar tidak masuk kota di jam-jam yang telah ditentukan. Jika kedapatan masuk kota maka akan dilakukan tindakan tegas dengan cara menilangnya, yang dilakukan langsung oleh pihak kepolisian," ungkapnya. (rp.muf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : dinas perhubungan, dishub pekanbaru, dishub pasang portal, portal untuk cegah truk bertonase besar masuk kota,