Kesehatan   2024/08/14 8:35 WIB

Diskes Akui Masih Banyak Anak Balita di Pekanbaru Belum Divaksin Polio Tahap II

Diskes Akui Masih Banyak Anak Balita di Pekanbaru Belum Divaksin Polio Tahap II

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru mulai melakukan vaksinasi polio tahap dua ke anak yang telah menjalani vaksinasi tahap satu.

"Masih banyak anak balita yang belum divaksin."

"Jadi, satu orang anak itu dua kali vaksin. Anak yang sudah diberikan vaksin tahap satu kemarin, sekarang diberikan lagi vaksin tahap kedua," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (12/8).

Ingot Ahmad Hutasuhut menyebutkan, hingga 11 Agustus 2024 sudah 81 ribu anak usia 0-7 tahun 11 bulan yang telah divaksin polio tahap satu.

Sama seperti vaksin tahap satu, kata Ingot, pemberian vaksin tahap dua bisa diakses warga di rumah-rumah sakit, puskesmas, posyandu, sekolah, serta tempat-tempat yang telah ditentukan.

"Untuk itu silakan warga membawa anaknya ke pos-pos PIN yang sudah ditentukan supaya bisa diberikan vaksin tahap kedua," pintanya.

Mengingat masih banyak anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan yang belum divaksin tahap satu, lanjut Ingot, Diskes tetap mengupayakan supaya mereka bisa divaksin.

“Kita terus menyisir anak yang belum divaksin tahap satu guna mengejar target yang ditetapkan Pemerintah Pusat," sebutnya.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru diberi target memvaksin polio sebanyak 145.754 anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan. Kini, capaian vaksinasi baru berkisar 55 persen. (rp,ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : vaksinasi polio, vaksi polio tahap dua, pekanbaru, vaksi polio pada anak balita, masih banyak anak belum divaksin,