Headline Pekanbaru   2020/11/04 12:10 WIB

Disnaker Data TKA di Pekanbaru

Disnaker Data TKA di Pekanbaru

PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru  telah mendata Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di berbagai sektor, sedikitnya saat ini ada  80 tenaga kerja asing (TKA) di bidang industri setempat.

"80 tenaga kerja asing itu berasal dari beberapa negara seperti Kanada dan China," kata Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru, Rabu (4/11) kemarin dirilis antarariau.

Berdasarkan data Disnaker, kata Abdul Jamal sektor yang jadi lahan pekerjaan  puluhan TKA ini di antaranya industri minyak dan gas (Migas) pembangkit energi  listrik dan pabrik. "80 TKA yang bekerja  diberbagai sektor itu berprofesi sebagai  sebagai tenaga ahli  dari berbagai negara," katanya.

Dari 80 tenaga kerja asing  yang ada di  Pekanbaru itu terbanyak  bekerja di Chevron, kemudian di pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dan  ada sebagian di pabrik es. "Seperti  di Chevron  banyak sebagai tenaga pendidik atau guru dari Kanada. Kemudian untuk yang pembangkit  itu ada dari Tiongkok China,  dan  pabrik es  ada lima  orang itu juga dari China," katanya.

Menurutnya, semua TKA itu bekerja sesuai izin yang dikantonginya, sedangkan yang menerbitkan  perizinannya  merupakan kewenangan pemerintah pusat. "Biasanya seleksi dan izin itu ada di Kementerian Tenaga Kerja,  semua perizinannya diurus perusahaan,  nanti sampai di Pekanbaru dilaporkan  ke kita dan inilah yang akan kita awasi," tukasnya. (*)

Tags : Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Tenaga Kerja Asing, Disnaker Data TKA ,