Headline News   2023/10/31 20:56 WIB

Disperindag akan Rekrut Satgas Pasar di 2024, 'untuk Ditugaskan ke Bidang Perdagangan dan Perindustrian'

Disperindag akan Rekrut Satgas Pasar di 2024, 'untuk Ditugaskan ke Bidang Perdagangan dan Perindustrian'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, berencana merekrut satuan tugas (Satgas) pasar kembali. Perekrutan direncanakan akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

"Disperindag akan Rekrut Satgas Pasar di 2024."

"Nantinya itu akan dibahas di TAPD nya. Itu untuk tahun depan [2024] ya," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan [Disperindag] Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (31/10).

Pihaknya sudah membuat telaah staf ke Pj Walikota.

Rencana perekrutan Satgas itu juga sudah disetujui oleh Pj Walikota Pekanbaru dan didisposisikan ke Sekda. Bahkan Sekda juga sudah setuju dan sudah diserahkan ke BPKAD.

Menurutnya, Satgas yang akan direkrut nantinya bidang perdagangan dan perindustrian. Satgas ini nantinya tidak hanya terkait pasar, melainkan juga berkaitan dengan secara keseluruhan dari kewenangan Disperindag.

"Nanti itu bisa masalah gas elpiji, bisa juga soal gudang, termasuk nanti juga soal barang kedaluwarsa, jadi nanti banyak itu kerjanya. Jadi memang bukan pasar saja," jelasnya.

Ia juga menyebut bahwa hingga saat ini masih ada dua skema. Hanya saja pihaknya masih belum pasti skema mana yang akan diterapkan.

"Skema pertama itu, 80 orang ini (satgas pasar) kan pernah di Satpol PP, apakah itu yang 80 semua dialihkan ke Disperindag atau kita merekrut baru. Kita masih belum tahu, kita tunggu informasi dari ketua TAPD arahannya apa. Kalau rekrut baru ya kita akan buka pengumuman," ungkapnya.

Sebelumnya Disperindag Kota Pekanbaru sudah ada Satgas Pasar. Namun, Satgas tersebut dipindahkan ke Satpol PP agar tugas yang dijalankan lebih efektif.

Pemindahan Satgas Pasar ke Satpol PP itu lantaran tugas dari Satgas tersebut terbatas. Satgas Pasar tersebut tidak bisa melakukan penindakan seperti penyitaan dan hal lainnya.

Satgas tersebut dialihkan menjadi personel Satpol PP bersamaan dengan satuan kerjanya. Pengalihan Satgas itu juga beriringan dengan pemindahan anggaran kegiatan di Disperindag ke Satpol PP. (*)

Tags : satuan tugas pasar, disperindag akan rekrut satgas pasar, satgas ditugaskan di bidang perdagangan dan perindustrian, News,