Pekanbaru   2023/11/03 16:47 WIB

Disperindag Berencana Lakukan Perekrutan Satgas di 2024, Sekda: Mutasi THL Lebih Memungkinkan

Disperindag Berencana Lakukan Perekrutan Satgas di 2024, Sekda: Mutasi THL Lebih Memungkinkan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan melakukan rekrutmen Satuan Tugas (Satgas) Perdagangan dan Perindustrian pada tahun 2024 mendatang, untuk mengawasi pasar hingga pendistribusian barang.

Terkait rencana rekrutmen Satgas tersebut, Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, untuk perekrutan Satgas tersebut lebih kepada mutasi Tenaga Harian Lepas (THL).

"Disperindag berencana melakukan perekrutan Satagas Perdagangan dan Perindustrian di 2024."

"Mungkin kita nanti di OPD-OPD itu ada THL yang tidak efektif tugas-tugasnya, nanti akan kita gabungkan," kata Sekda, Kamis (2/11/2023).

Ia menjelaskan, sebelumnya Disperindag Pekanbaru memiliki Satgas Pasar. Namun, Satgas tersebut dipindahkan ke Satpol PP lantaran keterbatasan wewenang.

Satgas Pasar itu tidak memiliki wewenang seperti Satpol PP. Ada sekitar 80 THL Satgas Pasar yang dipindahkan dari Disperindag ke Satpol PP.

"Jadi dulu ada Satgas pasar yang pindah ke Satpol PP. Jadi memang ada keinginan dari Kadisperindag supaya dikembalikan ke Perindag, tapi masalah personelnya apakah direkrut baru atau personel yang sudah ada aja nanti ditempatkan di situ," jelasnya.

Menurutnya, jika dilakukan rekrutmen baru, maka Pemko Pekanbaru tentu akan menyiapkan anggaran. Namun, kalau hanya sebatas mutasi THL dari satu OPD ke OPD lain itu akan lebih memungkinkan.

"Kalau rekrut baru, berarti kan kita menyiapkan anggaran. Tapi kalau memutasi THL yang ada atau ASN yang ada menjadi Satgas itu mungkin lebih memungkinkan dalam rangka efisiensi anggaran," ulasnya.

Karena itu, Ia menilai skema yang memungkinkan untuk digunakan nantinya adalah perpindahan THL atau ASN dari satu OPD ke OPD lain.

"Jadi ada OPD yang punya THL lebih, banyak nggak efektif, kita efektifkan, kita jadikan Satgas, mungkin itu untuk sementara, tapi nanti akan kita bahas lebih detil," pungkasnya.

Perlu diketahui, rencana perekrutan Satgas itu juga sudah disetujui Pj Walikota Pekanbaru dan didisposisikan ke Sekda. Bahkan Sekda juga sudah setuju dan sudah diserahkan ke BPKAD.

"Nantinya itu akan dibahas di TAPD-nya. Itu untuk tahun depan ya," ujar Kadisperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, yang akrab disapa Ami, Selasa (31/10/2023).

Ami menyebut, Satgas yang akan direkrut nantinya tidak Satgas Pasar, akan tetapi Satgas Perdagangan dan Perindustrian.

Satgas ini nantinya tidak hanya terkait pasar, melainkan juga berkaitan dengan secara keseluruhan dari kewenangan Disperindag.

"Nanti itu bisa masalah gas elpiji, bisa juga soal gudang, termasuk nanti juga soal barang kadaluarsa, jadi nanti banyak itu kerjanya. Jadi memang bukan pasar saja," jelasnya.

Terkait bagaimana perekrutan Satgas tersebut, Ami menyebut, hingga saat ini masih ada dua skema. Hanya saja pihaknya masih belum pasti skema mana yang akan diterapkan.

"Skema pertama itu, 80 orang ini (Satgas pasar) kan pernah di Satpol PP, apakah itu yang 80 semua dialihkan ke Disperindag atau kita merekrut baru. Kita masih belum tahu, kita tunggu informasi dari ketua TAPD arahannya apa. Kalau rekrut baru ya kita akan buka pengumuman," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Efi Yandera

Tags : disperindag, pekanbaru, perekrutan satagas perdagangan dan perindustrian,