News Kota   2023/09/26 18:10 WIB

Distankan akan Gelar Vaksinasi Massal untuk Cegah Rabies Hewan Peliharaan

Distankan akan Gelar Vaksinasi Massal untuk Cegah Rabies Hewan Peliharaan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, akan menggelar vaksinasi rabies massal pada minggu pertama Oktober nanti.

"Vaksinasi massal untuk mencegah rabies hewan peliharaan."

"Itu ditunda sesuai arahan pusat, itukan dilaksanakan serentak se-indonesia," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru Firdaus, Selasa (26/9).

Pihaknya akan melaksanakan vaksinasi rabies massal di Kota Pekanbaru pada 7 Oktober mendatang.

Awalnya kata Firdaus, jadwal vaksinasi rabies itu akan dilaksanakan pada 29 September mendatang.

Namun, karena ada penyesuaian jadwal serentak se-Indonesia, maka pelaksanaan vaksinasi rabies massal itu ditunda menjadi 7 Oktober mendatang.

Vaksinasi rabies massal itu akan dilaksanakan di Kantor Camat Kulim, Jalan Lintas Timur. Pelaksanaan vaksinasi rabies juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Ia mengimbau kepada warga yang memiliki hewan peliharaan yakni Anjing, Kucing dan Kera, agar dapat mengikuti vaksinasi rabies di Kecamatan Kulim nantinya.

Pasalnya, tiga hewan peliharaan tersebut merupakan hewan penular rabies.

"Imbauan kita kepada warga yang memiliki hewan peliharaannya kucing, anjing dan kera, agar dapat memvaksinkan hewan peliharaannya di halaman kantor camat kulim, pada tanggal 7 oktober mendatang secara gratis," ujarnya.

Vaksinasi rabies tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran rabies pada hewan dan bahkan manusia. Pasalnya, beberapa kasus di Pekanbaru sempat terjadi hewan peliharaan menggigit manusia.

Untuk mengantisipasi virus rabies tersebut menyebar, maka Distankan Pekanbaru melakukan vaksinasi rabies massal. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Dinas Pertanian dan Perikanan, Distankan Pekanbaru, Vaksinasi Massal, Vaksinasi Cegah Rabies Hewan Peliharaan, News Kota,