Headline Daik Lingga   2020/12/16 12:26 WIB

Ditengah Pandemi: Imbauan Kepala Daerah Jelang Libur Nataru di Lingga

Ditengah Pandemi: Imbauan Kepala Daerah Jelang Libur Nataru di Lingga
Pjs Bupati Daik Lingga, Juramadi Esram

DAIK LINGGA - Sejumlah kepala daerah mengimbauan jelang libur Natal dan Tahun Baru [Nataru] 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Pejabat sementara [Pjs] Bupati Lingga Juramadi Esram juga mengingatkan sekaligus mengimbau terkait antisipasi penularan Covid-19. "Kita ingatkan seluruh masyarakat agar tetap waspada dan melaksanakan langkah-langkah antisipasi penyebaran COVID-19 menjelang liburan Nataru,"kata Juramadi Esram pada apel bersama antisipasi kesiagaan dini dalam menghadapi bencana non alam COVID-19 di halaman Kantor Bupati Lingga kemarin.

Pada memasuki libur panjang juga diingatkan ke penanggung jawab, pemberi kerja, pengelola tempat kerja atau usaha begitu juga pada ketua RW/RT, pemilik atau pengelola kos, hotel, apartemen, dan pengembang atau pengelola perumahan. "Sehubungan masih dalam masa pandemi Covid-19, maka diimbau kepada seluruh pekerja/karyawan untuk tidak melakukan perjalanan liburan ke luar daerah, serta tetap berkumpul bersama keluarga di tempat tinggal masing-masing," kata Juramadi Esram mengingatkan.

Menurut Juramadi Esram sebagian lokasi wisata tidak ditutup tetapi tetap mengikuti protokl kesehatan. Seperti dalam kunjungannya silaturahmi sekaligus melakukan penutupan festival mancing berlokasi di Pulau Serak kegiatan tersebut sangat positif, selain menjadi ajang hiburan diakhir pekan bagi masyarakat juga sekaligus dapat mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lingga.

Pulau Serak merupakan salah satu pulau yang dimiliki Kabupaten Lingga dengan pemandangan dan hamparan pasir putih serta bebatuan yang indah, ia berharap kedepan pulau tersebut dapat berkembang sebagai salah satu objek wisata bahari di Lingga. “Pulau ini sangat potensial dikembangkan sebagai objek wisata bahari, semoga ke depan ada investor yang tertarik untuk berinvestasi membangun resort di pulau ini,” ujar Juramadi saat mengikuti acara penutupan Festival Fishing Desa Merok Tua di Pulau Serak, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Minggu 25 Oktober 2020 kemarin.

Menyikapi realita kasus pandemi COVID-19 menjelang libur panjang, Pemerintah daerah, kata dia telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan langkah antisipasi, hingga penyebaran kasus COVID-19 tidak semakin menyebar. Sebagai langkah antisipasi, lanjut Juramadi pemerintah terus menghimbau dan menekankan, agar masyarakat dan semua pihak agar melaksanakan protokol kesehatan seperti, Memakai Masker, Menghindari Kerumuman, selalu Mencuci tangan dan lain-lain sebagainya. ”Selain itu jangan lupa memohon perlindungan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas musibah yang saat ini,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak, Juramadi juga menghimbau untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah. Dan bagi yang melakukan perjalanan keluar daerah, hendaklah dalam kondisi badan yang sehat serta memeriksakan kesehatan sebelum berangkat maupun setelah kembali dari luar daerah. ”Semua ini harus menjadi perhatian bersama agar tidak terjadi pembentukan cluster baru selama masa pandemi,” katanya.

Selain masalah Pandemi dan Protokoler kesehatan, Pjs Bupati Lingga ini juga mengingatkan soal cuaca yang saat ini sudah memasuki musim angin utara, yang artinya potensi bencana akan semakin banyak seperti gelombang tinggi. Badai angin, hujan lebat, tanah longsor, banjir dan lain-lainya. Untuk itu kepada masyarakat Lingga juga diminta agar berhati-hati dan tidak memaksakan diri saat di laut tanpa alat penyelamat diri. Menghindari tempat- tempat yang berpotensi menimbulkan bencana. Segera mencari tempat berlindung saat terjadi bencana dan juga mengindahkan peringatan dini yang dikeluarkan pemerintah maupun petugas setempat. ”Antisipasi kami masa liburan ini marilah kita selalu waspada. Jangan ada ketakutan berlebihan atau terlalu berani. Berpasrahlah diri kepada Allah SWT Tuhan penguasa dan pengatur alam semesta,” katanya di acara apel antisipasi kesiagaan menghadapi bencana alam dalam situasi Pandemi Covid 19 yang dihadiri forum kordinasi pimpinan daerah, sekda Lingga, kepala OPD, kepala BMKG, ketua BASARNAS, kepala BPBD. (rp.sdp/*)

Tags : Pjs Bupati Daik Lingga, Juramadi Esram, Libur Natal dan Tahun Baru, Ditengah Pandemi,