Sosial   2024/05/30 10:26 WIB

Dompet Duafa Luncurkan Program Tebar Hewan Kurban untuk Daerah Terpencil

Dompet Duafa Luncurkan Program Tebar Hewan Kurban untuk Daerah Terpencil

PEKANBARU - Dompet Dhuafa (DD) Provinsi Riau kembali meluncurkan Program Tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2024 dengan tema "Qurban Selalu Tersampaikan".

Program yang telah berlangsung sejak 1994 ini berupaya memastikan distribusi hewan kurban sampai ke pelosok negeri.

Hendi Mardika, Pimpinan Cabang Kepala Dompet Dhuafa Riau, menyampaikan bahwa program THK telah berjalan selama 30 tahun dan telah menjadi pionir dalam distribusi hewan kurban di Indonesia.

"Selama 30 tahun ini, program kami telah menjadi rujukan dan inspirasi banyak lembaga lain, meskipun dengan nama yang berbeda namun tujuan tetap sama," ujar Hendi pada Selasa (28/5).

Tahun ini, DD Riau menargetkan distribusi 400 ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi, domba, dan kambing.

Hewan-hewan kurban tersebut akan dikirim ke wilayah-wilayah terpencil di Riau, seperti Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu, pedalaman Kandis di Kabupaten Siak, dan beberapa daerah lainnya yang sangat membutuhkan bantuan.

Hendi menegaskan bahwa pihaknya memastikan tiga hal utama dalam penyaluran hewan kurban: hewan didistribusikan ke daerah yang benar-benar membutuhkan, hewan yang dikurbankan adalah sapi jantan, dan hewan tersebut telah lolos quality control yang ketat.

Dompet Dhuafa Riau menawarkan berbagai pilihan harga kurban kepada masyarakat, mulai dari domba standar seharga Rp 2,050 juta, 1/7 sapi sebaran nasional Rp 2,050 juta, domba medium Rp 2,5 juta, 1/7 sapi sebaran Riau Rp 2,8 juta, domba premium Rp 3 juta, hingga 1/7 sapi kaleng untuk Gaza Palestina.

"Sampai hari ini, jumlah donatur yang mendaftar untuk berkurban memang belum banyak, namun kami tetap optimis mencapai target. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, donatur biasanya menyetorkan dana mendekati hari pelaksanaan kurban," ungkap Hendi.

Ketua THK 2024, Agung Kurniawan, menambahkan bahwa ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Dompet Dhuafa Riau, selain dari tiga kepastian yang disebutkan.

"Hewan kurban kami diperoleh dari program pemberdayaan masyarakat, seperti di Kampar dan Siak. Di Dumai, kami juga memiliki tempat pengelolaan yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan setempat," jelas Agung.

Dengan program ini, Dompet Dhuafa Riau berharap dapat terus memberikan manfaat dan menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan, terutama di wilayah-wilayah terpencil yang jarang mendapatkan bantuan. (rilis)

Tags : dompet duafa, tebar hewan kurban, dompet duafa luncurkan program thk, salurkan hewan kurban untuk daerah terpencil di riau,