Artikel   2021/09/03 11:40 WIB

DPP Apkasindo Kerahkan Bantuan Masker, Guna 'Memutus Mata Rantai Covid-19'

DPP Apkasindo Kerahkan Bantuan Masker, Guna 'Memutus Mata Rantai Covid-19'
Ketua DPP Apkasindo Ir Gulat Manurung MP C.AP

APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) Riau juga peduli memberantas Covid-19, dengan memberikan bantuan 5.000 masker kepada Polda Riau yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Apkasindo Riau, Ir Gulat Manurung MP C.APO kepada Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau. 

DPP Apkasindo yang membawahi 22 provinsi penghasil sawit ini mengatakan, bantuan masker ini merupakan partisipasi dari petani sawit Riau kepada aparat kepolisian, yang merupakan salah satu garda terdepan sebagai Satgas Pencegahan Covid-19. "Ini merupakan kepedulian kami petani sawit Riau kepada kepolisian dan di Provinsi lain juga kami memberikan partisipasi yang sama. Karena kita tahu sudah banyak personel kepolisian yang juga terpapar virus covid-19 ini," kata Gulat Manurung, Jumat (2/10) kemarin. 

"Kami berharap Polisi yang banyak beraktifitas di tengah masyarakat dalam rangka pengamanan selalu dalam keadaan sehat dan bisa memanfaatkan masker dari kami petani ini yang mungkin jumlahnya tidak banyak," sebutnya.

Dia mengatakan, masker ini dikumpulkan dari sumbangan para petani sawit di Riau, khususnya yang merupakan anggota Apkasindo. "Masker ini berasal dari gotong royong petani sawit anggota Apkasindo Riau. Dengan partisipasi satu tandan TBS per anggota Apkasindo," ujarnya. 

Di Riau ada 316 korporasi sawit, belum lagi PKS-PKS sebanyak 192 pabrik diharapkan bisa melakukan hal sama. Karena semua masyarakat merasakan dampak covid-19 ini, jangan sampai aktifitas sawit di Riau terganggu karena semakin tidak terkendalinya covid di Riau. Karena kalau sampai terganggu sangat berdampak kepada ekonomi Riau, yang faktanya 47% ekonomi Riau ditopang oleh efek ganda dari ekonomi Sawit, kata Gulat.

Sebelumnya, Apkasindo juga telah memberikan bantuan berupa 100 set alat disinfektan serta alat pelindung diri (APD) kepada Polda Riau untuk mencegah penyebaran covid-19," tambahnya. 

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadi, yang menerima langsung partisipasi masker itu mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh petani sawit di Riau. "Saya rasa ini bentuk partisipasi yang nyata dari rekan-rekan Petani Sawit Apkasindo. Ini bukan yang pertama kami terima partisipasi Apkasindo. Koordinasi Ditreskrimsus Polda Riau dengan Apkasindo memang sudah berjalan bagus," kata Andri usai menerima partisipasi masker dari Apkasindo. 

Dia berharap, Apkasindo sebagai organisasi yang menghimpun petani kelapa sawit di Riau, bisa terus maju dan dapat terus memberikan peran aktifnya, serta bersinergi dengan polri untuk memajukan Riau, khususnya dalam menyuarakan mitigasi pencegahan penyebaran covid-19 kepada seluruh petani sawit di Riau. "Kita berharap organisasi lain juga bisa bersinergi dengan Polda Riau untuk membangun Riau. Menciptakan suasana yang kondusif, agar kita bisa terlepas dari situasi covid-19. Sehingga masyarakat juga bisa beraktifitas kembali dengan baik sebagaimana new normal," harapnya.

Untuk kepedulian situasi Covid-19, Apkasindo Riau juga telah memberi bantuan 50 ribu lembar masker untuk penanganan Covid-19 ke Pemprov Riau. Bantuan tersebut langsung diterima Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, di Gedung Daerah. "Kami ucapkan terima kasih kepada Apkasindo yang turut berkontribusi dalam penanganan Covid-19," kata Gubri yang mengapresisasi.

Menurut Gubri, masker bantuan dari Apkasindo ini sangat berarti, ditengah upaya Pemprov Riau melakukan usaha pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Bantuan sebanyak 50 ribu lembar masker ini nantinya akan segera didiatribusikan ke kabupaten kota berdasarkan kebutuhan. Dengan begitu, apa yang diharapkan semua pihak termasuk Apkasindo dalam meminimalisir penyebaran virus corona di Riau bisa lebih maksimal. 

"Fokus penanganan kita di Hulu. Maksudnya,  memaksimalkan pencegahan dan edukasi kepada masyatakat, agar mereka bisa memahami bahaya dari Covid. Sehingga, jangan sampai ketika ada kasus covid baru kita sibuk. Inilah diantaranya melalui bantuan masker ini," ujar Gubri.

Sementara Ketua Umum DPP Apkasindo Sementara, Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat Medali Emas Manurung, mengatakan bantuan 50 ribu lembar masker yang langsung diterima mantan Bupati Siak ini semuanya merupakan kontribusi dari petani sawit di Riau. Jumlah bantuan tersebut kemungkinan besar akan kembali bertambah. Pasalnya, saat ini sedang dilakukan penggalangan masker dari Indragiri Hulu sebanyak 15 ribu lembar. Jumlah itu juga sangat mungkin bertambah lebih banyak lagi. 

Karena, Apkasindo Riau telah berkomitmen membantu penyediaan masker untuk masyarakat Riau, guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19. "Kami dari Apkasindo Riau sangat berbahagia hari ini bisa berkontribusi membantu penyediaan masker, untuk penanganan penyebaran Covid-19. Ini semuanya berkat partisipasi teman-teman, makanya kalau kita lihat kotaknya berwarna warni. Ini mendandakan memang langsung dari petani sawit di Riau," ungkap Gulat menambahkan terus melakukan penggalangan pengadaan masker yang bantuan itu akan terus bergulir. (*)

Tags : DPP Apkasindo Ir Gulat Manurung MP C.AP, Kerahkan Bantuan Masker, Memutus Mata Rantai Covid-19,