Tni - Polri   2023/11/13 18:0 WIB

DPR Setujui Jenderal Agus Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono

DPR Setujui Jenderal Agus Calon Panglima TNI Pengganti Yudo Margono
Jenderal Agus Subiyanto

JAKARTA - Jenderal Agus Subiyanto sudah disetujui sebagai calon panglima TNI. Komisi I DPR RI menyepakati Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menjadi calon panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

Keputusan itu diambil usai Agus Subiyanto menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI," sebut Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Gedung DPR, Senin (13/11/2023) dikutip dari kompas.com.

Meutya menyebut, semua fraksi di DPR sepakat Jenderal Agus menjadi calon panglima TNI. Selanjutnya, persetujuan ini akan disahkan di rapat paripurna DPR.

Agus akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kesempatan itu, Meutya turut memberhentikan Laksamana TNI Yudo Margono secara hormat dari Panglima TNI.

"Setelah mendengarkan pendapat fraksi rapat internal Komisi I, Senin 13 November 2023 memutuskan poin satu, menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi," tuturnya.

Jenderal TNI Agus Jamin Netralitas Prajurit

Pada kesempatan itu, calon tunggal Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjamin seluruh prajurit TNI netral di Pemilu 2024. Agus menegaskan, TNI tak akan memihak dalam setiap tahapan Pemilu, baik pemilu presiden maupun legislatif.

Itu disampaikan Agus saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon tunggal Panglima TNI di Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

"Kemudian berkaitan dengan pesta demokrasi Pemilu 2024. Saya berkomitmen untuk memberikan jaminan netralitas TNI pada setiap tahapan pemilu," ujar Agus.

Dirinya juga bakal memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam mengamankan jalannya proses demokrasi, termasuk dalam latihan dan posko bersama. (*)

Tags : Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima TNI, DPR Setujui Jenderal Agus Subiyanto Pengganti Yudo Margono,