News   2024/10/05 7:59 WIB

DPRD Dorong Percepatan Pembentukan AKD untuk Bisa Bahas APBD Riau 2025

DPRD Dorong Percepatan Pembentukan AKD untuk Bisa Bahas APBD Riau 2025

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau mempercepat pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk mendukung pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2024.

Upaya ini dilakukan guna memastikan seluruh proses berjalan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Meski masa sidang sudah berjalan, beberapa tahapan penting, seperti penetapan pimpinan dan pembentukan alat kelengkapan dewan, belum dimulai.

Ketua DPRD Riau sementara, Makmun Solikhin, mengungkapkan bahwa seluruh partai politik telah mengusulkan nama-nama calon pimpinan DPRD. Proses penetapan ini menjadi prioritas agar agenda pembahasan APBD 2024 dapat segera dilaksanakan.

"Fraksi-fraksi di DPRD Riau sudah terbentuk, dan komunikasi antar fraksi untuk pembentukan AKD berjalan lancar," ujar Makmun Solikhin.

Ia menambahkan bahwa setiap fraksi telah berkomitmen untuk mendukung percepatan ini demi kepentingan masyarakat Riau.

"Meskipun nantinya ada dinamika dalam penetapan AKD, saya rasa tidak sampai mengganggu proses pengesahan APBD, karena jika terlambat nanti bisa terhukum Riau,"ujar Makmun Solikhin.

Sebagai informasi, tenggat waktu pengesahan APBD Riau 2025 jatuh pada akhir November 2024.

Oleh karena itu, percepatan pembentukan AKD ini diharapkan akan mengoptimalkan waktu pembahasan sehingga dapat memenuhi batas waktu pengesahan yang telah ditentukan. (*)

Tags : alat kelengkapan dewan, dprd percepat pembentukan akd, dewan dorong pemprov percepatan pembentukan akd, News,