News Kota   2023/01/03 15:0 WIB

Dua Hari Tahun Baru Berjalan Pekanbaru Sempat Gelap Selama 5 Jam, 'yang tak Bisa Menghindar dari Pemadaman Listrik'

Dua Hari Tahun Baru Berjalan Pekanbaru Sempat Gelap Selama 5 Jam, 'yang tak Bisa Menghindar dari Pemadaman Listrik'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru berharap Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak melakukan pemadaman listrik di pelaksanaan Natal dan Tahun Baru (Natarus) 2022-2023.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Wan Agusti SH MH, yang diungkapkan sebelumnya pada Rabu 21 Desember 2022 mengaku ada dapat info, bahwa PLN UP3 Pekanbaru bersama UID Riau dan Kepri, sudah menggelar apel siaga Nataru.

"Kami apresiasi, bagaimana menjaga listrik tidak bermasalah selama Nataru," ungkapnya.

Pelaksanaan Natal dan tahun baru di Kota Pekanbaru diharapkan berjalan lancar dan aman. Termasuk urusan listrik diharapkan tidak terjadi pemadaman ketika momen Nataru.

Bahkan Anggota DPRD kota Pekanbaru Wan Agusti mensuport upaya pihak PLN di Riau yang melakukan berbagai persiapan dalam menyambut Nataru. Termasuk menyiapkan personil yang siap standby 24 jam untuk memastikan keamanan listrik dan tidak adanya pemadaman.

Bahkan legislator mendukung, langkah yang sudah dilakukan PLN sejauh ini, termasuk kesiapan di masing-masing posko pengamanan.

Paling penting lagi, lanjut Wan Agusti, selama proses dan rangkaian Nataru tahun ini, jangan sampai ada pemadaman bergilir. Sebab, selain umat Kristiani merayakan Natal, juga dipastikan ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan masyarakat.

"Kami yakin, PLN sekarang ini sudah banyak berbenah. Jadi peningkatan ini perlu disupport semua pihak," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa masyarakat juga harus mendukung PLN, agar tidak ada pemadaman dan gangguan yang bersifat fatal. Seperti halnya tidak memasang spanduk di dekat kabel PLN, tidak main layangan dekat jaringan, dan pohon yang menganggu kabel, bisa ditebang.

"Jika perlu, laporkan segera ke PLN, jika ada yang ganggu seperti itu. Karena kita sama-sama menginginkan, agar listrik selama Nataru ini benar-benar aman," pintanya.

Tetapi setelah dua hari pelaksanaan Natal dan tahun baru yakni pada Selasa 2 Januari 2023 pukul 19.00-24.00 malam akhirnya gelap dan padam juga.

Listrik PLN tak bisa menghindar dari pemadaman di tahun baru. Alhasil Tahun baru 2023 disambut mati lampu di hampir seluruh Kota Pekanbaru.

PLN pun melalui keterangan resmi mengakui tak menduga hal ini terjadi. Mereka bahkan belum mengetahui penyebab hilangnya tegangan listrik ini.

Melalui keterangan resminya, PLN menyebut memang terjadi gangguan kelistrikan.

Semua unit pembangkitan, distribusi dan petugas di lapangan tengah fokus pada pemulihan sistem kelistrikan. Dan menganalisa penyeban gangguan yang menyebabkan sebagian wilayah Kota Pekanbaru mengalami padam listrik.

Terkait penyebab pemadaman, PLN sedang melakukan pengecekan secara komprehensif. Meski begitu setelah 4-5 jam sejak pemadaman terjadi listrik kembali menyala. Jadi sejauh ini belum diketahui ada berapa pelanggan yang terdampak akibat gardu induk dan transmisi yang mengalami gangguan menyebabkan hilangnya tegangan ini. (rp.sul/*)

Tags : PLN Riau, Blackout, mati lampu, Pekanbaru, Listrik Padam di Pekanbaru, News Kota,