News Kota   2024/07/21 16:38 WIB

Dua Jabatan Sekretaris di Diskes dan Disdik Pekanbaru Masih Pelaksana Tugas

Dua Jabatan Sekretaris di Diskes dan Disdik Pekanbaru Masih Pelaksana Tugas
Ilustrasi Jabatan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dua jabatan sekretaris [Sekretaris Diskes dan Disdik] di dua Organisasi Perangkat Daerah [OPD] yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru masih Pelaksana Tugas [Plt].

"Dua jabatan Sekretaris di OPD Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan masih Plt."

"Ada dua sekretaris yang masuk pensiun. Keduanya di OPD Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Itu sudah 5 bulan terakhir ini," kata Irwan Suryadi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia [BKPSDM] Kota Pekanbaru, Jumat (19/7).

Ia mengatakan saat ini untuk jabatan tersebut sudah di Plt kan.

Adapun untuk Plt Sekretaris Dinas Pendidikan [Disdik] saat ini adalah Irpan Maidelis yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang [Kabid] SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Irpan Maidelis menggantikan Muzailis yang sudah pensiun.

Selanjutnya untuk Plt Sekretaris Dinas Kesehatan [Diskes] adalah Lina Primadesa yang saat ini menjabat sebagai Kabid Sumber Daya Kesehatan [SDK] Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Lina menggantikan David Oloan yang sudah pensiun.

"Untuk Plt ini adalah usulan dari dinas terkait. Kemudian kita ajukan usulan tersebut ke Pj Walikota untuk di SK kan," sebutnya.

Untuk jabatan Sekretaris tersebut tidak diasesmenkan. Itu nanti pelantikan struktural administrator.

"Itu menunggu hasil rapat tim penilaian kinerja kalau dulu tim Baperjakat namanya. Jadi nggak perlu asesmen," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan jabatan Sekretaris memang dapurnya Dinas, yang mengelola tentang kesekretariatan atau kantor.

"Makanya kemarin itu kan belum ada pelantikan defenitif, akhirnya kita ambil saja dari Kabid yang ada di dalam untuk membantu," ujar Abdul Jamal.

Dirinya mengatakan sejak tanggal 2 Oktober 2023 lalu memang sudah ditunjuk Plt Sekretaris. Karena memang Sekretaris sebelumnya yaitu Muzailis sudah pensiun.

"Plt Sekretaris itu sekarang dijabat Pak Irpan. Kita sudah beberapa kali rapat ya Alhamdulillah kita terbantukan. Apalagi sekarang kita sudah masuk dalam pembahasan APBD 2024, itukan sekretaris juga. Tapi Alhamdulillah tak ada kendala. Kita minta nanti kalau ada pelantikan harus ada yang defenitif lah," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy mengatakan selain Sekretaris yang pensiun, ada juga Kabid yang pindah.

Sehingga di Diskes sendiri pejabat administratornya banyak yang merangkap jabatan.

"Jadi usulan kami kalau misalnya bisa, jabatan itu didefinitifkan saja. Sehingga tidak ada lagi merangkap-merangkap atau di Plt kan, sehingga kinerja kesehatan bisa lebih baik," ujar Zaini.

Karena di Dinas Kesehatan program-program sangat banyak yang mau dijalankan, kegiatan juga sangat banyak, jadi tidak maksimal kalau ada yang rangkap jabatan.

"Namun walau saat ini jabatan Sekretaris di Plt kan, kinerja tetap bagus dan tidak menggangu kinerja di Diskes," pungkasnya. (*)

Tags : jabatan sekretaris, pemko pekanbaru, jabatan sekretaris masih pelaksana tugas, plt sekretaris diskes, plt sekretaris disdik, News Kota,