News Daerah   2024/06/04 10:44 WIB

Dua Jagoan Rohil dari Partai Berlambang Beringin akan 'Mati-matian' Bertarung di Pilkada 2024, 'Masyarakat Bingung Memilihnya'

Dua Jagoan Rohil dari Partai Berlambang Beringin akan 'Mati-matian' Bertarung di Pilkada 2024, 'Masyarakat Bingung Memilihnya'
H. Bistamam - Afrizal Sintong

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.COM - Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] sebagai bakal calon Bupati Rokan Hilir [Rohil] 2024 akan dilaksanakan November 2024.

"Ada dua kubu bakal calon [balon] dari partai Gokar [berlambang pohon beringin] yang kuat dan mencuat kepermukaan di Kabupaten Rohil."

"Dua jagoan dari partai Golkar [H. Bistamam - Afrizal Sintong] dari Rohil akan bertarung di Pilkada 2024,"

"Setelah mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Golkar, politisi senior Bistamam memastikan dirinya ikut maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai bakal calon Bupati Rokan Hilir (Rohil) 2024," kata Ir Ganda Mora SH M.Si, selaku pihak dari kubu H Bistamam dalam pembicarannya belum lama ini. 

"Bistamam yang dikenal sebagai tokoh Rohil sekaligus sudah melakukan sosialisasi sejak Pemilu," kata dia.

Sementara Pengamat Politik dari Universitas Islam Riau (UIR) Dr Panca Setya Prihatin menilai atmosfir pemilihan kepala daerah [Pilkada] di Kabupaten Rohil 2024 kali ni berbeda dibandingkan Pilkada sebelumnya.

"Partai pengusung kelihatannya masih mencari figur yang dapat menjadi pionir untuk bertarung di Pilkada 2024 di Rohil itu," kata Panca Setya Prihatin dikontak ponselnya, Senin (3/6).

Kondisi tersebut menyebabkan tensi politik kelihatan adem-adem saja, belum ada pergerakan yang pasti untuk sejumlah partai meperlihatkan atau menonjol jagoan-nya.

Hanya DPP Partai Golkar saja, lanjut dia, yang sejak awal telah mengamanahkan Afrizal Sintong dan H. Bistamam untuk kembali bertarung di Pilkada 2024.

Menurut Panca, Afrizal Sintong yang berhasil dalam kontestasi pilkada 2019 yang lalu kini makin optimis untuk ikut kembali di Pilkada 2024.

Panca mengatakan, Pilkada kali ini posisi Afrizal Sintong selaku petahana sementara menunggu sosok penontonnya, sementara partai selain Golkar sedang merancang figur yang dinilai potensial untuk maju ke Pilkada 2024.

Sebagai gambaran Partai NasDem lebih cenderung akan mendorong figur dari non-kader, sementara partai lain seperti Gerindra masih dalam poisisi menunggu.

Jadi kondisi semua itu memengaruhi tensi politik Pilkada di Rohil yang kelihatannya masih adem-adem saja, ucapnya 

Sebelumnya Dewan Pakar Golkar diketahui sudah mendaftar ke sejumlah partai politik untuk menjalin komunikasi dan membicarakan koalisi.

Bistamam akan bertarung dengan petahana Bupati Rohil Afrizal Sintong. Uniknya, Afrizal Sintong juga bernaung di Golkar dan sama-sama mendapat rekomendasi untuk maju Pilkada Rohil dari DPP Golkar.

Ganda Mora berharap masyarakat Rohil akan mendapat pemimpin yang amanah.

Ia juga mengharapkan Pilkada Rohil bisa berlangsung dengan damai.

"Kalau memang masyarakat Rohil ingin perubahan, harus komitmen juga meminimalisir praktek money politik di Pilkada nanti," kata dia.

Menurut Ganda, H. Bistamam maju karena banyaknya dorongan dari masyarakat terkait kondisi Rokan Hilir saat ini.

"Karena memang tinggi dorongan dari masyarakat dan termasuk sejumlah kepala daerah yang ingin H.Bistamam maju di Rohil," sebutnya.

Jadi memang pada survei di internal Golkar saat ini antara petahana Afrizal Sintong dan Bistamam bersaing ketat, tetapi pada akhirnya 
Partai berlambang pohon beringin itu akan memutuskan siapa yang akan diusung di Pilkada 2024 ini. (*)

Tags : pilkada 2024, dua kubu dari golkar bersaing ketat, H. Bistamam dan Afrizal Sintong akan Bertarung di Pilkada 2024, News Daerah,