Bisnis   2024/02/03 19:57 WIB

Dua Perusahaan Tak Miliki Plank Nama, 'Jadi Mirip Kantor Siluman yang Hindari Pajak'

Dua Perusahaan Tak Miliki Plank Nama, 'Jadi Mirip Kantor Siluman yang Hindari Pajak'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sebuah bisnis baik personal atau pun corporate/badan/perusahaan yang mempunyai kantor berbentuk bangunan fisik sebaiknya pasang papan nama di lokasi bisnis tersebut.

"Dua perusahaan [PT Mustika Agung Sawit Gemilang/MASG dan PT Marita Makmur Jaya/MMJ] tak juga sudih memasang plank nama."

"Pengertian papan nama sendiri ialah suatu media informasi dan promosi tempat yang berisi nama sebuah instansi, lembaga atau perusahaan," kata Ketua Umum [Ketum], Lembaga Melayu Riau [LMR], H Darmawi Wardhana Zalik Aris SE Hk menyikapi banyaknya perusahaan yang bercokol dan berkantor di Kota Pekanbaru, tetapi mereka operasionalnya di daerah. 

Darmawi Wardhana menilai, papan nama salah satu bagian yang wajib diprioritaskan keberadaannya sebelum peralatan kantor lainnya.

"Dengan adanya papan nama, publik akan mengetahui di mana lokasi kantor tersebut. Jika masyarakat mengetahui lokasi kantor tersebut, maka hal ini dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan," kata dia tadi Sabtu (3/2/2024) dihubungi lewat ponselnya.

Kantor PT MASG berlokasi Jalan Bangau [Sukajadi] Pekanbaru.

Menurutnya, banyak dari mereka [perusahaan] yang akan datang ke kantor, biasanya terlebih bila lokasi tersebut merupakan sebuah toko yang mana dengan banyaknya kunjungan dari pelanggan maka secara otomatis dapat meningkatkan omset penjualan.

Seperti pantauan belakangan ini kantor PT MASG berlokasi Jalan Bangau [Sukajadi] Pekanbaru dan PT MMJ berlokasi Jalan Angkasa, Pekanbaru tak bisa menghadirkan/menampilkan papan plank perusahaan.

Diketahui PT MASG bergerak dibidang usaha pabrik kelapa sawit pengolahan Crude Palm Oil [CPO] dan PT MMJ dibidang perkebunan sawit di Pulau Rupat Bengkalis membukaperkantorannya di Kota Pekanbaru tetapi tidak juga memasang papan nama, sepertinya ingin mengelabui publik.

Pada hal papan nama berperan selaku identitas perusahaan, "papan nama bisa menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan profil nama sebuah instansi, lembaga dan perusahaan," kata Indra Kurniawan SH salah satu rekan menilai.

Papan nama, menurutnya, umumnya terpasang pada bagian luar bangunan kantor atau di ruang tamu atau lobby kantor, "jadi inilah pentingnya pasang papan nama untuk perusahaan," sebutnya.

Pada hal fungsi papan nama ialah sebagai petunjuk, maksudnya ialah memberikan informasi di mana masyarakat akan menemukan lokasi instansi atau perusahaan yang mereka cari.

Dengan adanya papan nama akan mempermudah masyarakat dalam menemukan lokasi yang dituju.

Papan nama juga berperan selaku salah satu media promosi suatu instansi, lembaga atau perusahaan. Advertising mempunyai salah satu ciri ialah diperlihatkan secara berulang kali.

Kantor PT MMJ berlokasi Jalan Angkasa Pekanbaru

Fungsi papan nama juga sebagai media promosi yakni jika publik melihat papan nama sebuah instansi itu maka secara langsung nama institusi, lembaga atau perusahaan itu akan semakin melekat di ingatan setiap orang, terlebih orang yang kerap melintasi tempat dipasangnya papan nama itu.

Direktur PT MASG H. Zulfikar maupun DIrektru PT MMJ Sidarta belum sudi menjawab dikonfirmasi lewat ponselnya.

Tetapi Darmawi Wardhana kembali menyebubutkan, brand awareness atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “Kesadaran akan Merek” sangat penting diaplikasikan untuk menjaga loyalitas pembeli terhadap brand perusahaan.

Menurutnya, papan nama yang terpasang di area depan kantor atau toko, secara langsung dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek atau brand perusahaan, apa lagi jika disaksikan secara berulang kali. Maka peningkatan brand awareness akan semakin mudah.

Jadi Ia menilai, karakter sebuah papan nama akan membentuk citra perusahaan dimata publik selaku usaha dalam menarik dan mengenalkan informasi awal atas produk yang masyarakat butuhkan. (*)

Tags : Dua Perusahaan, PT Mustika Agung Sawit Gemilang dan PT Marita Makmur Jaya, perusahaan tak miliki plank dan papan nama, perusahaan tak pasang papan nama, bisnis,