Headline Riau   2021/11/15 19:17 WIB

Dubes Uni Eropa Mengunjungi Gubri, 'Membahas Kerjasama Perdagangan'

Dubes Uni Eropa Mengunjungi Gubri, 'Membahas Kerjasama Perdagangan'

Duta besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia mengunjungi Gubernur Riau (Gubri) membicarakan kerjasama perdagangan.

PEKANBARU - Duta besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket mengunjungi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Senin (15/11/2021).

Pertemuan keduanya membahas potensi kerja sama khususnya dalam hal ekonomi dan perdagangan termasuk tawaran pajak ekspor Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit.

Vincent Puket mengatakan Uni Eropa tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Riau sebab Riau termasuk daerah dengan kebun sawit terluas di Indonesia.

"Minyak sawit Riau mewakili 8% dari total perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa dan 16% mewakili ekspor Indonesia ke Eropa," katanya dalam dalam konferensi persnya tadi ini, Senin (15/11) di kediaman dinas Gubri.

“Selanjutnya, Uni Eropa menawarkan pajak ekspor CPO yang rendah,” kata dia didampingi Gubri Syamsuar.

"Fokus kerjasama yang dijalin untuk meningkatkan perdagangan dan investasi."

“Kami menyadari bahwa sektor ini merupakan sumber lapangan kerja dan pendapatan besar di daerah (Provinsi Riau),” ujarnya.

"Minat kami besar untuk bekerja sama dengan pemerintah, industri dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan standar keberlanjutan di seluruh rantai pasokan minyak sawit."

"Secara khusus, Uni Eropa ingin memastikan bahwa minyak sawit yang kami beli tidak akan berkontribusi terhadap deforestasi," kata Vincent.

Sementara Gubri Syamsuar menambahkan bahwa pemerintah daerah membuka diri dan berharap Uni Eropa menanamkan investasi di Riau.

“Saya sudah berbicara face to face dengan Pak Dubes, diharapkan setelah pertemuan ini ada tindak lanjut terkait kerja sama yang sudah dibicarakan,” kata dia. (*)

Tags : Dubes Uni Eropa dan Gubri Kerjasama, Kerjasama Ekonomi, Dubes Uni Eropa Mengunjungi Gubri, News, Kerjasama Perdagangan' ,