Pilkada   2020/09/29 17:20 WIB

Eet-Samda: UMKM Butuh Modal Usaha, Bukan 'Kartu-kartuan'

Eet-Samda: UMKM Butuh Modal Usaha, Bukan 'Kartu-kartuan'
Kampanye Akbar Pasangan Calon [paslon] Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunthe (ESA), Senin (28/9/2020)

PILKADA - Dukungan suara untuk Pasangan Calon [paslon] Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunthe (ESA) dari masyarakat asal Payakumbuh dan 50 Kota yang berdomisili di Kota Duri dan sekitarnya mengalir deras.

"Setiap perjalanan Eet-Samda di Duri baik sebelum maupun sewaktu kampanye saat ini selalu didampingi tokoh-tokoh masyarakat asal Payakumbuh dan 50 Kota," ujar Irwan Mawardi SH, salah seorang tokoh masyarakat Duri asal Payakumbuh dan 50 Kota didampingi Susy.

Tidak sekedar mengiringi perjalanan Eet-Samda, Irwan Mawardi bersama timnya terus mengkonsolidasikan dukungan dan kekuatan untuk EET, secara massif, tidak hanya dari kalangan masyarakat asal Payakumbuh dan 50 Kota, namun juga ke seluruh basis masyarakat Minang dari Ika-Ika (Ikatan) yang lain. "Secara kelembagaan paguyuban Minang seperti IKMR dan Ika-Ika, kita memang tidak bisa berpolitik praktis. Namun secara pribadi kita bebas menentukan sikap politik dan arah dukungan," kata Irwan Mawardi, Senin (28/9).

Irwan Mawardi menilai dukungan masyarakat untuk ESA di kawasan perkotaaan di Duri, tidak perlu diragukan lagi.
Pribadi dan sosok Eet khususnya lambat laun mulai disukai masyarakat. Pribadi yang bersahaja, murah senyum, gampang akrab, tidak jaim, bahkan sikapnya yang sederhana blak-blakan sangat disukai orang.

Pada kampanye akbar itu Calon Bupati Bengkalis Indra Gunawan Eet di lapangan voli Jalan Gaya Baru, Kelurahan Duri Timur, menyebutkan, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan diberikan modal usaha untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian jika paslon bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunthe memenangkan Pilkada Bengkalis 9 Desember 2020. "Untuk usaha ekonomi kecil menengah, bagaimana ekonomi kerakyatan di tingkat kelurahan, dengan dana instruksi bupati nanti seluruh pedagang, kedai-kedai kecil akan diberikan bantuan 15 juta sampai 20 juta," ujarnya. 

Spontan, sambutan calon bupati dengan sloga ESA itu mendapatkan sambutan meriah dari puluhan peserta kampanye yang pada umumnya para pedagang. Turut hadir pada kesempatan itu, Calon Wakil Bupati Bengkalis Samsu Dalimunthe, ketua tim ESA Daratan sekaligus juru kampanye Ngatno Eko Prawiro, tokoh masyarakat Minang Duri Indra Verniza Dt Mangiang, Pimpinan Tanah Abang Store Duri Pendi sekaligus pendiri tim 517 pendukung ESA, anggota DPRD Bengkalis dari Partai Golkar Hendri Hasibuan S.Ag dan banyak penduduk ESA lainnya.

Paslon ESA ini dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, dengan jumlah peserta kampanye dibatasi. Dipantau kepolisian dan petugas Panwas. Kampanye dimulai sekira pukul 10.00 sampai 11.45 WIB. Sebelumnya, Calon Wakil Bupati Bengkalis Samsu Dalimunthe (Samda) juga mengatakan Bengkalis saat ini tidak butuh kartu ini kartu itu. "Masyarakat butuh kesejahteraan bagaimana lapangan pekerjaan tersedia, berobat dan pendidikan gratis. Bengkalis punya uang 3.5 triliun, ini tergantung pola pikir bupati. Untuk itu ESA ingin memaksimalkan APBD ini demi kesejahteraan masyarakat," kata Samda.

Juru Kampanye [Jurkam] ESA, Ngatno Eko Prawiro memaparkan berbagai macam program ESA untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Bengkalis. Namun yang terpenting, kepada para pemilih Eko berpesan agar menggunakan hak pilih sesuai mata hati bukan mata uang. "Hari ini tim 517 sangat luar biasa. Beliau (Pendi,red) mau membuat posko pemenangan. Sebanyak 80 persen tim 517 ini bukan orang politik (pedagang, red), tapi melihat pasangan ESA ini yang bersahaja dan merakyat, hati mereka terpanggil untuk kemakmuran Bengkalis," ujar Eko.

ESA disebutkan Eko tak mau muluk-muluk menjual hal-hal yang tidak masuk akal. Masyarakat sekarang sudah cerdas, tak bisa lagi dibodoh-bodohi dengan kartu-kartu tak jelas itu. "Indonesia sudah kebanyakan kartu, tapi realisasinya mana. Ketika ESA ini terpilih kita akan wujudkan Bengkalis yang sejahtera," tukasnya. (*)

Tags : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunthe, ESAKampanye Akbar,