Pekanbaru   2024/08/01 20:6 WIB

Eks Rumdis Wakil Walikota Beralih Fungsi Jadi Gedung Dekranasda, Tapi Belum Diputuskan Pengelolaannya

Eks Rumdis Wakil Walikota Beralih Fungsi Jadi Gedung Dekranasda, Tapi Belum Diputuskan Pengelolaannya

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menyelesaikan renovasi eks Rumah Dinas Wakil Walikota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad yang kini beralih fungsi menjadi gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

"Eks Rumdis Wakil Walikota beralih fungsi jadi gedung Dekranasda."

"Jadi secara fisik sudah selesai, sekarang sedang persiapan interior dan lain-lain," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu (31/7).

Gedung ini nantinya akan dijadikan sentra penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Indra Pomi Nasution menyatakan bahwa saat ini proses pemasangan interior tengah dikebut.

Menjelang operasional gedung ini, Pemko Pekanbaru melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis juga sedang melakukan penilaian terhadap produk-produk UMKM yang akan dipasarkan di sana.

Pemerintah kota juga tengah menentukan pengelola gedung Dekranasda, apakah akan dikelola langsung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) atau badan pengelola yang ditunjuk.

"Apakah dikelola langsung oleh Perindag (Disperindag) atau ada ditunjuk badan pengelola, itu harus didudukan dulu. Prinsipnya, gerai nanti berasal (diisi produk) dari pengusaha-pengusaha lokal," ujar Indra.

Indra menambahkan, gedung Dekranasda akan dimanfaatkan untuk menarik minat tamu yang datang ke Pekanbaru, agar mampir ke gerai UMKM di gedung tersebut.

"Intinya gedung ini akan kita manfaatkan. Siapa pun tamu yang masuk ke Pekanbaru, akan kita arahkan mampir di gerai ini (gedung Dekranasda)," sebutnya.

Penyelesaian renovasi dan percepatan pemasangan interior ini diharapkan dapat mendukung pengembangan UMKM lokal dan meningkatkan perekonomian Pekanbaru. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : rumah dinas Jadi Gedung Dekranasda, bekas Rumdis Wakil Walikota Beralih Fungsi Jadi Gedung Dekranasda, Pemko Pekanbaru Belum Putuskan Pengelolaan Gedung Dekranasda,