Artikel   2022/07/20 18:45 WIB

Elektabilitas Bayangi Septina Primawati RZ di Pilgubri 2024, Abdi Haro: 'Saya Mikir Sebagai Penantang Incumbent'

Elektabilitas Bayangi Septina Primawati RZ di Pilgubri 2024, Abdi Haro: 'Saya Mikir Sebagai Penantang Incumbent'
Ir Abdi Haro MT

PELAKSANAAN Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak masih terhitung 2 tahun lagi. Meski begitu, berbagai calon sudah menyatakan diri untuk maju sebagai penantang incumbent dalam Pilgubri 2024 nanti.

"Anggota DPR RI Dapil Riau, Syamsurizal di dengung-dengungkan akan berpasangan dengan Septina Primawati RZ di 2024."

"Saya mikir sebagai penantang incumbent pada elektabilitas Septina Primawati RZ yang terus membayangi isi sentaro bumi Lancang Kuning," kata Ir Abdi Haro MT yang dirinya melihat situasi keluarga HM Rusli Zainal (RZ) yang sudah menyiapkan acara jelang bebasnya mantan Gubenur Riau tadi dalam bincang-bincangnya dikontak pada ponselnya, Rabu (2/7). 

Abdi Haro yang mantan Kepala Biro Perlengkapan kantor Gubernur Riau kelahiran Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) ini menyebutkan pihak keluarga RZ akan melakukan syukuran berupa acara mendoa.

Tetapi Abdi Haro yang mengaku sebagai simpatisan pasangan Syamsurijal-Septina Primawati memastikan keduanya maju di Pilgub 2024. 

Sedangkan mantan Bupati Bengkalis dua periode Syamsurijal menyatakan kesiapan untuk maju, bahkan sudah mengisyaratkan Ketua DPW PPP Riau itu akan berpasangan dengan eks Ketua DPRD Riau Septina Primawati.

"Selaku istri dari mantan Gubernur Riau akan membantu di Pilgubri 2024. Jika Partai Golkar nantinya bisa berpindah tangan ke Septina Primawati, maka untuk maju di Pilgubri tentu Septina Primawati bisa menjadi calon R1," terang Abdi Haro.

"Semua simpatisan dan pendukung berharap seperti itu, sehingga keberhasilan sang visioner (RZ) bisa diteruskan oleh sang istri (Septna Primawati)," perkiraannya.

"Septina sendiri sudah pun pernah ikut dibeberapa moment dan tampak hadir maju di atas panggung bersama Syamsurizal." 

"Selama ini, untuk berpasangan dengan Septina sendiri sebenarnya masih dalam tahap penjajakan. Inikan baru survei. Namun untuk membuat pengumuman secara resmi belum," sebut Abdi.

Pihak tim Syamsurijal juga mengaku, sejauh ini, memang menunjukan usulan yang mengerucut pada nama Septina. Bahkan belum ada calon lain yang akan dibawa sebagai bakal calon wagubri selain istri dari mantan Gubernur Riau Rusli Zainal.

Sebelumnya H Rusli Effendi SPdI SE MSi, kader senior partai berlambang Kakbah dan mantan Ketua Partai PPP Riau memberi masukan agar lebih baik fokus pada pemilu legislatif (pileg) yang lebih dulu digelar, tepatnya Februari 2024.

'Kita hargai. Dan saya bangga kalau ada kader PPP yang maju jadi calon gubernur atau wakil gubernur,'' ujar Rusli Effendi belum lama ini.

Keinginan Ketua DPW PPP Riau Syamsurizal berniat maju pada pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) dalam rangkaian pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024, Rusli Effendi juga menyambut baik.

Bagi PPP Riau sebenarnya itu bukan hal yang baru (Syamsurijal-SeptinaPrimawati). Bahkan sudah pernah ada kadernya duduk menjadi wakil gubernur dan akhirnya jadi gubernur.

Bahkan PPP Riau-lah yang mengusung Rusli Zainal bersama Wan Abubakar dalam pemilihan gubernur periode 2003-2008.

Tetapi Rusli Effendi mantan Ketua DPW PPP Riau dua periode ini memberikan masukan dan mengajak agar Syamsurizal dan jajaran pengurus DPW PPP Riau lebih realistis melihat tantangan hingga Pemilu 2024.

"DPW PPP Riau fokus mempersiapkan diri menghadapi pileg 2024. Dengan tujuan akhirnya adalah menaikkan pencapaian jumlah kursi legislatif di semua tingkatan, baik DPRD kota/kabupaten, DPRD provinsi dan DPR RI," sebutnya.

Untuk mengusung satu pasang calon di pilkada Riau diperlukan 13 kursi di DPRD Riau. "Jelas ini menjadi pekerjaan cukup berat bagi DPW PPP mencari tambahan sembilan kursi dari mitra koalisi," kata dia. 

Tetapi kaum emak-emak setidaknya tampak mendukung Septina Primawati RZ pada Pilgubri 2024 ini. Selain kalangan melenial, kaum emak-emak juga memberikan dukungan kepada Septina Primawati RZ.

"Selain seorang politisi perempuan yang pernah menduduki jabatan anggota DPRD Riau, Septina juga seorang tokoh yang menjadi panutan emak-emak," kata Abdi Haro.

"Di samping istri mantan Gubri Rusli Zainal yang kita harapkan dapat mewujudkan mimpi Pak Rusli yang belum terealisisasi selama menjadi Gubernur," kata dia.

"Jikapun Septina berdampingan dengan Syamsurizal seorang birokrat yang telah berhasil menjadi Bupati Bengkalis selama dua priode, tentu akan menjadi kekuatan untuk membangun Riau ke depan," imbuhnya.

Sedangkan elektabilitas terus masih membekas dan membayangi pada Septina Primawati. Pastinya daerah Kabupaten Rohul, Inhil dan Rohil merupakan basis terbesar suara yang didulang. 

"Saat ini memang Septina Primawati tidak memikirkan soal elektabilitas, malah selama ini fokus hanya melayani warga Kota Pekanbaru, Riau."

"Septina dalam beberapa kesempatan menyebutkan tidak mikir ke Pilgub Tahun 2024. Karena sudah berjanji kehadirannya untuk orang Riau ketika menjadi Ketua DPRD Riau meminta izin pada suami hanya bilang yang terbaik untuk warga."

Menurut Abdi Haro, hal terbaik yang diamanatkan oleh suaminya adalah bagaimana mengentas kemiskinan serta berupaya agar warga yang menganggur bisa mendapatkan pekerjaan.

“Yang miskin bisa berubah, yang nganggur bisa punya kerja dan itulah yang dipesankan RZ," sebutnya.

Tetapi sekali lagi Abdi Haro melihat, sekarang ini orang tak ingin memikirkan hasil lembaga survei atau Pilgub 2024. Yang lebih penting adalah bekerja untuk mengentas kemiskinan, gizi buruk, dan pengangguran.

Jadi Abdi Haro mengulas persoalan saat ini adalah siapa saja yang akan menjadi Gubernur di 2024 nanti jelasnya sudah digariskan Tuhan, maka yang lebih utama sekarang adalah bekerja untuk bisa bermanfaat bagi warga Riau. (*)

Tags : Septina Primawati, Istri Mantan Gubri Rusli Zainal, Pilgubri 2024, Artikel,