Headline Batam   2020/12/08 15:24 WIB

Enaknya jadi Warga Kepri, Dapat Masker Antimikrobial dari Singapura

Enaknya jadi Warga Kepri, Dapat Masker Antimikrobial dari Singapura

BATAM - Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19 Batam Kepulauan Riau mendistribusikan 500 ribu masker sumbangan dari Yayasan Temasek Singapura kepada masyarakat.

Humas dan Publikasi Tim Satgas Bersatu Lawan Covid-19 Batam, Iskandar Zulkarnaen menyampaikan, 200 ribu  lembar masker didistribusikan langsung ke masyarakat, dan 300 ribu  lembar lainnya diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam. "Warga Batam mulai menerima 200 ribu masker antimikrobial dari Temasek Foundation dalam sepekan terakhir," kata dia belum lama ini.

Sebanyak 200 ribu  lembar masker yang bisa digunakan kembali itu dibagikan ke sejumlah komunitas di tempat ibadah, Sabtu 26 Juni 2020 kemarin, ojek daring, perumahan, dan relawan. Tim juga dibantu Polda Kepri dan relawan untuk menyerahkan masker langsung kepada masyarakat. Ia menjelaskan masker bantuan dari Yayasan Temasek Singapura itu dilengkapi lapisan luar antimicrobial dan telah dites secara medis melawan bakteri dan virus dengan tingkat efektif 94 persen melawan virus influenza dan Sars-CoV-2. Masker bisa dipakai ulang dan bisa bertahan sampai dua bulan.

Kepri dapat bantuan 2 juta masker 

Sebanyak dua juta masker bantuan dari Singapura melalui Temasek Foundation dikerahkan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau guna mendukung penanganan COVID-19 di daerah itu. "Tentu kita sangat senang sekali menerima bantuan dari negara tetangga kita. Karena dalam melawan COVID-19 alat kelengkapan seperti masker kain ini sangat dibutuhkan masyarakat Kepri," ujar Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepri, Arif Fadilah, di Tanjungpinang.

Dia menjelaskan penyerahan bantuan masker kain secara simbolis akan dilakukan secara virtual melalui KBRI Singapura pada 16 Juni 2020. "Diterima langsung nanti oleh Plt (Pelaksana Tugas) Gubernur Kepri, Isdianto," kata Arif.

Ia mengatakan satu juta masker akan diserahkan lebih awal yang terdiri atas 350 ribu masker untuk laki-laki, 350 ribu masker untuk perempuan, 150 masker untuk anak laki-laki, 150 masker untuk anak perempuan. "Masker ini berbahan katun yang dapat dicuci kembali. Jadi kami harapkan masyarakat bisa semakin disiplin dalam menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah," kata dia.

Pendistribusian masker kain tahap pertama, kata Arif, satu juta masker kain akan disesuaikan dengan arahan Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isdianto. "Untuk satu juta masker berikutnya, Gugus Tugas Kepri sudah menyiapkan gudang sementara sebelum masker dibagikan ke masyarakat," tutur Arif.

Penulis: Junedy
Editor: Syamsul Bahri 

Tags : masker, Singapura Sumbang Masker, Warga Kepri dapat Masker Antimikrobial,