News Daerah   2024/09/01 8:45 WIB

External Affairs Manager PT BSP Jelaskan 3 Kolam Minyak Mentah BUMD yang Terbakar Bisa Dikendalikan

External Affairs Manager PT BSP Jelaskan 3 Kolam Minyak Mentah BUMD yang Terbakar Bisa Dikendalikan
External Affairs Manager PT BSP Riky Hariansyah

PT Bumi Siak Pusako (BSP) kendalikan kebakaran pada 3 kolam minyak mentah di Cooling Pond Pit-3 Zamrud.

SIAK - 3 kolam minyak mentah BUMD PT BSP Siak terbakar. External Affairs Manager PT BSP menjelaskan kolam minyak mentah yang terbakar bisa dikendalikan.

"Untuk mempercepat proses pemadaman, manajemen PT BSP meminta bantuan dari berbagai pihak, termasuk BPBD Siak, PT Arara Abadi, PEP Lirik Terminal Buatan, Manggala Agni Siak, dan PT PHR Minas," kata External Affairs Manager PT BSP Riky Hariansyah pada media, Sabtu (31/8).

Kobaran api terjadi di area cooling pond pit-3 Zamrud milik PT Bumi Siak Pusako (BSP), Jumat 30 Agustus 2024 sekitar pukul 23.00 WIB. Video yang beredar, kobaran api tersebut cukup besar.

External Affairs Manager PT BSP Riky Hariansyah mengatakan, setelah kejadian, tim yang sedang on duty langsung bergerak cepat menggunakan peralatan pemadam dari BSP untuk menangani situasi tersebut.

Riky Hariansyah menyebut, dengan menggunakan foam, api berhasil dilokalisir dan dikendalikan lebih cepat.

Berkat kerja sama yang solid antara semua tim, api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 01.03 WIB.

Saat ini, tim investigasi PT BSP masih bekerja keras untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran.

Data dan informasi pendukung masih dikumpulkan untuk memastikan penyebab pasti dari kejadian ini.

"Syukur Alhamdulillah, dalam insiden ini tidak ada korban jiwa," kata Riky.

Selama proses pemadaman, PT BSP juga berkoordinasi dengan pihak SKK Migas, Polres Siak, Dandim Siak, dan Pemerintah Kabupaten Siak untuk memastikan penanganan yang cepat dan efektif. 

Kebakaran hebat terjadi di kolam vite minyak mentah milik BUMD PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Siak, Riau tercatat ada 3 kolam minyak mentah terbakar selama 4 jam.

Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi membenarkan peristiwa itu.

Kolam mulai terbakar pukul 21.25 WIB malam tadi dan berhasil dipadamkan total pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

"Terbakar Pukul 21.25 WIB dan pukul 01.00 WIB dini hari tadi berhasil padam total. Ada kurang lebih 4 jam proses pemadamannya," kata Hariansyah, Sabtu (31/8).

Kebakaran kolam Vite minyak mentah milik Bumi Siak Pusako (BSP) terjadi di simpang GS jalan lintas manroad Zamrud, Kampung Dayun, Siak. Kebakaran kolam pertama kali diketahui pihak keamanan.

"Saksi dari sekuriti awalnya sedang patroli di lokasi. Mereka melihat api yang sudah menyala di kolam vite minyak mentah. Ada 3 kolam terbakar," katanya.

Ketiga kolam berisi minyak mentah yang berasal dari sumur milik PT BSP.

Melihat kobaran api, saksi-saksi melapor kepada danru untuk memanggil pemadam.

Proses pemadaman berlangsung selama sekitar 4 jam. Api akhirnya berhasil padam dan dipastikan tidak ada korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan lokasi kejadian jauh dari pemukiman masyarakat. Namun untuk kerugian materil hingga sampai saat ini belum dapat diketahui," katanya.

Untuk memastikan penyebab kebakaran, tim Labfor Polda Riau juga sudah turun ke lokasi. Tim masih menyelidiki penyebab 3 kolam berisi minyak mentah terbakar. (*)

Tags : kolam minyak mentah terbakar, kolam minyak mentah bumd, pt bumi siak pusako, kolam minyak mentah bsp, kolam minyak mentah terbakar dikendalikan, News Daerah,