Pendidikan   2024/07/16 9:11 WIB

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR Raih Hibah Revitalisasi LPTK Rp1 Miliar dari Kemendikbud

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR Raih Hibah Revitalisasi LPTK Rp1 Miliar dari Kemendikbud

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) kembali mencetak prestasi gemilang dengan meraih hibah bantuan pendanaan revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tahun 2024 sebesar Rp1 miliar.

Bantuan ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti).

Dekan FKIP UIR, Dr Miranti Eka Putri SPd MEd menyampaikan, bantuan tersebut tidak berupa uang tunai, melainkan dalam bentuk kelengkapan media pengajaran serta sarana dan prasarana yang akan mendukung kelancaran proses belajar mengajar.

"Dana tersebut diperoleh dari pengajuan proposal yang telah kami persiapkan beberapa waktu lalu. Pendanaan ini nantinya akan dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas belajar mengajar," ujar Miranti, Senin (15/7/2024).

Miranti menambahkan, fokus utama dari pengajuan dana ini adalah pengembangan laboratorium microteaching di Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"FKIP UIR ingin menjadi salah satu fakultas keguruan yang melek teknologi dan digitalisasi. Ini merupakan upaya menciptakan SDM guru yang dapat bersaing dengan perkembangan zaman modern, terutama dalam digitalisasi," tuturnya.

Tiga instrumen utama yang akan dikembangkan melalui hibah revitalisasi ini adalah smart microteaching, smart classroom, dan sumber belajar berbasis AI, AR dan VR.

Dengan adanya inovasi ini, FKIP UIR berharap dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif.

Keberhasilan FKIP UIR dalam meraih pendanaan ini sangat signifikan, karena fakultas ini bersaing dengan 70 perguruan tinggi lainnya di seluruh Indonesia dan berhasil menempati klaster dua, yang merupakan kategori tertinggi.

Miranti menyebutkan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari dukungan mitra, termasuk keanggotaan konsorsium FKIP UIR bersama sembilan perguruan tinggi lainnya yang dibentuk pada tahun 2022 lalu.

"Dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat penting dalam mencapai keberhasilan ini," tukasnya.(rilis)

Tags : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, FKIP, UIR, Hibah Revitalisasi LPTK dari Kemendikbud, FKIP UIR Terima Hibah,