Politik   2024/06/11 23:13 WIB

Golkar Mengarah ke PKS Untuk 'Sandingkan' Syamsuar-Mawardi Saleh di Pilgubri 2024

Golkar Mengarah ke PKS Untuk 'Sandingkan' Syamsuar-Mawardi Saleh di Pilgubri 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Riau tak menampik kabar kemungkinan bakal calon (bacalon) Gubernur Riau (Gubri) dari partainya, Syamsuar, akan dipasangkan dengan kader PKS Mawardi Saleh.

Koalisi Golkar-PKS dengan duet Syamsuar-Mawardi itu juga semakin memberi sinyal positif terlebih pasca Ketua Majelis Syuro PKS, Dr. Salim Segaf Al-Jufri mengundang Syamsuar dan Mawardi bertemu langsung, Minggu (9/6/2024).

Dalam pertemuan itu tampak dihadiri pula oleh anggota DPR RI dari PKS Syahrul Aidi Maazat dan Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmidzi.

Wakil Ketua DPD I Golkar Riau, Ikhsan, menyebut proses masih terus berlangsung dan tetap menunggu hasil survei para pasangan calon kepala daerah.

"Insya Allah sedang berproses. Kami masih menunggu hasil survei dari DPP. Setelah itu, proses akan berjalan. Memang beliau (Syamsuar) diundang DPP PKS untuk silaturahmi," kata dia, Senin (10/6/2024).

Ikhsan mengatakan, dengan politik yang dinamis, sebelum SK keluar tentu potensi masih bisa berubah.

Namun ia tak menampik arah Golkar yang menginginkan Mawardi Saleh sebagai bacalon wakil Gubri yang akan mendampingi Syamsuar.

"Namun, arah Golkar memang ke Syamsuar-Mawardi di Pilgub Riau," ujarnya.

Sinyal duet Syamsuar-Mawardi itu sebelumnya juga sudah disampaikan oleh Ketua Penjaringan Pilkada DPW PKS Riau, Markarius Anwar.

Markarius mengungkap bahwa Syamsuar sendirilah yang menyatakan keinginan siap berpasangan dengan Mawardi Saleh untuk Pilgub Riau 2024.

"Tapi kita masih menunggu keputusan DPP. Lihat dulu, " pungkasnya.

Duet Syamsuar dengan politisi PKS Mawardi Saleh untuk Pilgubri 2024 sepertinya semakin dekat terwujud, karena konsolidasi dan komunikasi keduanya terus dijalin.

Terakhir keduanya bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS Dr Salim Segaf Al-Jufri, didampingi anggota DPR RI Syahrul Aidi Maazat dan ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmidzi serta kader lainnya pada Senin (10/6/2024).

Kedekatan keduanya memang sudah sejak beberapa waktu terakhir. Apalagi ustadz Mawardi sebelumnya mengatakan siap untuk menjadi wakil Syamsuar di Pilkada Gubernur Riau.

"Saya siap menjadi wakil Gubernur untuk pak Syamsuar,"ujar Mawardi saat itu," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bappilu Golkar Riau, Ikhsan saat dikonfirmasi terkait pertemuan dengan Ketua Majelis Syuro PKS itu, mengatakan akan segera terwujud.

"Insya Allah akan segera," ujar Ikhsan singkat.

Sebelumnya juga kedua partai mengiyakan kedekatan keduanya, bahkan berharap disegerakan untuk berkoalisi.

Dengan koalisi Golkar dan PKS maka dipastikan 20 kursi anggota DPRD Riau mendukung dalam koalisi ini.

Karena Golkar sendiri memiliki 10 kursi, sama dengan PKS yang juga 10 kursi. (*)

Tags : golkar, pks, Syamsuar-Mawardi Saleh, Pilgubri 2024,