Headline Politik   2021/03/22 10:1 WIB

Golkar Riau Dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024 

Golkar Riau Dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024 
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

PEKANBARU - Partai Golkar Provinsi Riau gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Acara ini menjadi Rakerda pertama yang digelar DPD I Partai Golkar di seluruh Indonesia, Minggu 21 Maret 2021 di Hotel Premiere, Pekanbaru. Dalam Rakerda tersebut, seluruh kader Golkar Riau solid mendukung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) yang diusung pada tahun 2024. Serta juga sekaligus dilaksanakannya launching website www.golkarriau.com.

Selain Ketua DPD I Partai Golkar Riau H Syamsuar beserta seluruh jajaran pengurus DPD I serta DPD II dan organisasi sayap, Rakerda itu juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Koordinator Bappilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Sekretaris Bappilu DPP Partai Golkar Suryawijaya. Ketua DPD Partai Golkar Riau, H Syamsuar mengatakan bahwa Rakerda ini yang pertama setelah Rapimnas di Jakarta beberapa minggu lalu. Disamping itu, Rakerda ini juga dalam rangka pemantapan mesin partai serta pemenangan suksesi konsolidasi, menang Pileg, menang Pilpres dan menang Pilkada tahun 2024.

Menurut Syamsuar, pertemuan ini sangat penting guna menyukseskan tiga agenda suksesi, Pileg, Pilpres dan Pilkada nanti. Dan tidak itu saja, untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh kader juga wajib memberikan dukungan seoptimal mungkin demi kejayaan partai berlambang pohon beringin. "Intinya Golkar Riau berkomitmen untuk berkontribusi memenangkan pertarungan politik di kancah nasional nantinya. Sebab itu, kita juga telah sepakat akan mencalonkan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartato pada Pilpres 2024. Dan ini sudah menjadi keputusan hasil Rapimnas," kata Syamsuar.

Momen Rakerda ini merupakan perekat sekaligus menjadi cambuk bagi para kader, untuk menyusun kekuatan, dan tidak hanya untuk pengurus, tetapi juga untuk para organissasi sayap baik didirikan mau pun mendirikan. "Disisi lain, kesempatan Rakerda ini juga sekaligus melaunching website Golkar Riau di situs www.golkarriau.com," sebutnya.

Harapnya, dengan website ini seluruh kader Golkar dapat bersama-sama mengisi program kegiatan yang sudah dicanangkan DPP Partai hingga ke daerah. "Terlebih program Golkar Institute yang dicanangkan DPP Partai dalam membentuk karakter kader juga sudah disiapkan DPD I Golkar Riau dalam program di daerah berupa karakterdes," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Koordinator Bappilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyambut baik rencana semangat Riau dalam menyongsong Pemilu 2024 sangat luar biasa. "Dengan menindaklanjuti Golkar institute menjadi karakterdes di DPD I, semangat Golkar Riau ini sangat luar biasa. Menindaklanjuti hasil Rapimnas, juga diharapkan di setiap kantor Golkar baik DPD I atau II agar menyiapkan klinik-klinik dengan satu ruangan akomodir kalo ada warga yang mau berobat, mau divaksin, lewat yellow klinik, ini akan jadi sebuah instruksi DPP nantinya," ungkap Doli Kurnia.

Ia juga menjelaskan, bahwa konsolidasi partai harus dimaksimalkan untuk menghadapi agenda politik tahun 2024 mendatang. Karena diperkirakan pertengahan tahun ini, persiapan Pilkada 2024 sudah dimulai dengan berbagai tahapan, dan lal ini pun masih menjadi pembahasan di Komisi II DPR RI bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu.

MKGR dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

Sementara Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) mendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketum DPP Ormas MKGR periode 2020-2025 Adies Kadir dalam acara pelantikan kepengurusan DPP ormas, Jumat 19 Maret 2021. "Saya ingin mengonfirmasi kepada seluruh keluarga besar Ormas MKGR baik yang hadir maupun virtual, apakah setuju?" tanya Adies kepada para peserta pelantikan dalam acara yang dipantau Kompas.com secara daring, Jumat.

"Setuju," jawab para peserta pelantikan.

Sebelum menanyakan dan meminta persetujuan para peserta pelantikan, Adies meminta kepada Airlangga Hartarto untuk segera menentukan waktu yang tepat dalam menetapkan kader utama Partai Golkar yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan Airlangga agar Golkar memiliki waktu yang cukup lama dalam sosialisasi kepada seluruh rakyat Indonesia.

Namun, Adies mengatakan, nama kader utama yang diusungkan oleh Ormas MKGR sebagai calon presiden 2024 ternyata adalah Airlangga Hartarto. "Bagi Ormas MKGR, kader utama yang dimaksud tidak lain adalah Bapak Airlangga Hartarto," ucap Adies.

Mendukung penuh Airlangga sebagai capres 2024, kata Adies, Ormas MKGR akan mendayagunakan seluruh struktur dan jaringan organisasi untuk sosialisasi ke masyarakat. Bahkan, Adies mengatakan bahwa dia langsung menginstruksikan jajaran DPD provinsi dan DPD kabupaten/kota untuk memasang bilboard dukungan terhadap Airlangga Hartarto sebagai capres 2024.

Adapun billboard tersebut, kata dia, akan dipasang di daerah masing-masing DPD provinsi maupun kabupaten/kota. "Tak kalah pentingnya sosialisasi juga akan kami lakukan di jejaring media sosial kader-kader ormas MKGR, baik yang duduk sebagai anggota DPR, DPRD, maupun yang ada dalam struktur jajaran organisasi yang ada di seluruh Indonesia," ucap dia. 

Sebelumnya, pernyataan dukungan terhadap Airlangga Hartarto sebagai capres 2024 juga dibacakan oleh Duta Besar RI untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono. Hadir secara virtual, Roem Kono mengatakan bahwa Airlangga Hartarto telah diputuskan untuk diusung dari Partai Golkar sebagai capres 2024. "Menegaskan kembali, bahwa ormas MKGR, mendukung dan mensosialisasikan keputusan musyawarah besar (mubes) MKGR, serta penguatan keputusan musyawarah nasional (munas) dan dikukuhkan lagi oleh rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar. Dengan kebulatan tekad, mencalonkan Bapak Airlangga Hartarto sebagai Presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum bulan April 2024 nanti," sebut Roem. (*)

Tags : Airlangga Hartarto, Capres 2024, Golkar Riau Dukung Airlangga Hartarto Capres ,