Riau   2024/02/04 20:53 WIB

Gubernur Edy Natar Nasution Lakukan Mediasi Bupati Afrijal Sintong dengan Wakilnya, 'yang Sempat Terjadi Konflik'

 Gubernur Edy Natar Nasution Lakukan Mediasi Bupati Afrijal Sintong dengan Wakilnya, 'yang Sempat Terjadi Konflik'
Gubri Edy Natar mediasi Bupati Rohil, Afrizal Sintong dengan Wakilnya.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengambil langkah cepat dengan melakukan mediasi Bupati Afrijal Sintong dengan Wakilnya yang sempat terjadi konflik.

"Konflik terjadi antara Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rokan Hilir Sulaiman."

"Kami semua sudah berkumpul sama pak Gubernur dan Ketua MKA LAM Rohil, tapi pak Wakil tidak jadi hadir. Kemudian pak Gubernur menelfon Wakil Bupati, dan jawaban nya menunda pertemuan pada hari ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution selaku perpanjangan Pemerintah Pusat memfasilitasi pertemuan antar keduanya.

Sembari menyantap makan siang di Kediaman Gubri di Pekanbaru, Ahad, 4 Februari 2024 mediasi dilakukan, tetapi Wabup tak menghadirinya.

Dalam pertemuan itu, tampak hadir pula Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (MKA LAM) Rohil Nasrudin Hasan.

Gubri telah menghubungi keduanya untuk bertemu dan menyelesaikan persoalan. Namun, saat jam yang telah ditentukan, Wakil Bupati Rohil Sulaiman tiba-tiba mendadak tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

Bupati Rohil mengatakan dirinya tidak ingin permasalahan ini dengan Wakil Bupati Rohil terus berlanjut, sehingga dirinya bersedia hadir tepat waktu. Bupati juga mengaku siap membuka komunikasi dengan baik wakil Bupati.

Untuk diketahui, insiden memalukan dipertunjukkan dua pimpinan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau. Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman, bersitegang dan nyaris baku hantam.

Kejadian tersebut terjadi saat keduanya menghadiri acara pelantikan puluhan Pjs datuk dan datin Penghulu (Kepala desa), di Jalan Lintas Pesisir, Jembatan Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kamis 1 Februari 2024.

Video yang memperlihatkan perkelahian mereka tersebut beredar dan viral di media sosial.

Dari video yang beredar di sosial media, terlihat keduanya duduk berdampingan. Pada mulanya antara Afrizal dan Sulaiman terlihat percakapan serius. Pada waktu yang sama di depan mereka sejumlah penari melakukan tari persembahan.

Entah apa yang menjadi pokok pembahasan, tiba-tiba terlihat ketegangan diantara kedua pemimpin Rohil itu. Ajudan laki-laki berusaha menenangkan Afrizal Sintong dan Sulaiman.

Terlihat pula di sisi kiri bupati, seorang perempuan yang diduga istri Afrizal ikut dalam percakapan tapi dengan nada tinggi sambil menunjuk ke arah Sulaiman.

Seperti tidak terima, Sulaiman juga langsung menunjuk ke arah sang perempuan. Hal ini membuat bupati Afrizal emosi dan langsung berdiri dan menyergah Sulaiman. Sulaiman pun ikut berdiri dan mendorong bahu bupati Afrizal.

Pada video lainnya, terlihat pula Wakil Bupati memasuki acara dan sempat bersalaman dengan beberapa tamu yang merupakan pejabat di lingkungan Pemkab Rohil. Ia langsung duduk di kursi yang berada di sebelah Bupati Afrizal. Di saat itulah adu mulut terjadi. (*)

Tags : Bupati Rohil Afrijal Sintong konflik dengan wakilnya, Gubernur Riau Edy Natar Nasution Lakukan Mediasi, Bupati dan Wakil Bupati konflik, Gubri mediasi Bupatidan Wakil Bupati yang Sempat Konflik,