Kepri   2024/08/19 22:1 WIB

Gubernur Jamin Pilkada Kepri Berjalan Lancar, Aman dan Adil Juga Mengajak Masyarakat Ikut Mensukseskannya

Gubernur Jamin Pilkada Kepri Berjalan Lancar, Aman dan Adil Juga Mengajak Masyarakat Ikut Mensukseskannya
Gubernur Kepri Ansar Ahmad tengah berfoto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

BATAM - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, menjamin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] serentak di Provinsi Kepulauan Riau pada 27 November 2024 mendatang berjalan lancar, aman, dan adil.

"Pilkada Kepri berjalan Llancar, aman dan adil juga mengajak masyarakat ikut mensukseskannya." 

"Kepri siap menggelar Pilkada serentak 2024 dengan memastikan bahwa setiap proses akan berjalan dengan lancar, aman, dan adil. Kami telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menjamin keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung," kata Gubernur Ansar Ahmad dalam siaran persnya, Senin (18/8/2024). 

Hal ini disampaikan Gubernur Ansar saat melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara [IKN] Nusantara untuk mendengarkan arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Kamis kemarin. 

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Ansar Ahmad berbincang langsung dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengenai persiapan keamanan dan kondusivitas di Kepulauan Riau menjelang Pilkada serentak. 

Ansar menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri, bersama dengan aparat keamanan, telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari pihak penyelenggara maupun keamanan.

Pemprov mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kondusivitas di daerah masing-masing. 

Diketahui, untuk mengamankan seluruh rangkaian Pilkada Pemrov Kepri telah memberikan dana hibah untuk pengamanan sebesar Rp 27 miliar yang akan didistribusikan kepada berbagai institusi keamanan, termasuk Polda Kepri, Korem 033 WP, Kominda, Koarmada 1, Lantamal IV, Lanud RHF, dan Kogabwilhan I.

Gubernur berharap dukungan semua pihak untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu guna memastikan bahwa Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar dan demokratis.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan pelaksanaan Pilkada 2024 didominasi pemilih muda atau dikenal pemilih milenial, persentase pemilih muda mencapai kurang lebih 29,6 persen atau sekitar 627 ribu pemilih.

Menurutnya, besarnya pemilih muda tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan cara mengajak sekaligus memastikan suara milenial ini terakomodir dengan baik, serta bisa menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada tahun ini.

"Makanya, bawaslu dan kpu sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pilkada, harus benar-benar memastikan semua yang memiliki hak suara terakomodir," kata Gubernur Ansar.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Kepri terus mendukung pelaksanaan Pilkada bisa berlangsung dengan baik.

Wujud dukungan tersebut ditandai dengan penyediaan anggaran Pilkada yang sudah dialokasikan sebesar Rp199,1 miliar. Dengan perincian alokasi untuk KPU Kepri sebesar Rp141,4 miliar dan Bawaslu Kepri sebesar Rp57,7 miliar.

Dia juga menginginkan masyarakat Kepri bisa terlibat aktif dalam pesta demokrasi lima tahunan tanpa adanya berbagai kecurangan yang muncul, sehingga warga diminta melapor bila ditemukan adanya kecurangan.

“Kita tentu menginginkan Pilkada di Kepri akan berjalan dan berlangsung dengan baik, aman, dan tanpa gangguan berarti. Seperti pelaksanaan Pilpres dan Legislatif beberapa waktu lalu yang berlangsung dengan baik,” ucapnya.

Ansar menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkada bukan hanya sebuah rutinitas semata, namun pilkada adalah pondasi utama untuk memilih pemimpin Kepri yang berkualitas dan berintegritas.

"Pemimpin yang lahir berasal dari proses demokrasi yang berlangsung dengan dengan jujur dan adil," ucap Ansar.

Sementara, Ketua Bawaslu Kepri Zulhadril menyatakan bahwa instrumen penyelenggara Pemilu menuntut adanya tahapan sosialisasi pilkada.

Bawaslu gencar melaksanakan sosialisasi pemilu dengan harapan bisa memberikan pemahaman dan juga pendidikan politik kepada publik, sehingga mereka menjadi mengerti, karena mendapat informasi yang benar terkait pentingnya pilkada.

"Dengan demikian masyarakat dapat memahami aturan dan tata cara pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024," ujar dia.

Ia pun mengajak masyarakat bersama-sama mengawasi tahapan Pilkada 2024 agar berjalan secara baik dan benar. (*)

Tags : Gubernur Kepri Anshar Ahmad, Gubkepri Jamin Pilkada Berjalan Lancar, Aman dan Adil, Gubkepri Mengajak Masyarakat Ikut Mensukseskan Pilkada 2024,