News   2023/08/22 22:35 WIB

Gubernur Syamsuar dapat Gelar Datuk Seri Alamsyah dari Kampung Pujud

Gubernur Syamsuar dapat Gelar Datuk Seri Alamsyah dari Kampung Pujud
Penabalan Datuk Seri Alamsyah untuk Gubri Syamsuar, Selasa (22/8/2023).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mendapat gelar Datuk Seri Alamsyah. Gelar adat itu diberikan sebelas suku Kampung Pujud pada Selasa (22/8/2023).

Gelar Datuk Seri Alamsyah dari Suku Kampung Pujud Penabalannya disaksikan Datuk Seri Maha Rajo  Saleh Djasit, Ketua MKA LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf, Ketua DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Ketua DPA LAMR Datuk Wan Abu Bakar, pengurus LAMR Rokan Hilir (Rohil), para tokoh agama dan masyarat, serta sedikitnya lima ribu masyarakat setempat.

Seperti dirilis media center riau, kalau prosesi pemberian gelar diawali Gubri yang berjalan kaki dari ratusan pelajar yang berdiri di bibir jalan sepanjang 50 meter. Lalu dikenakan sar berwarna putih dengan diiringi selawat nabi.

Sebelum melangkah ke panggung utama, Gubri Syamsuar itu disambut pula silat beberapa menit. Kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan doa.

Prosesi selanjutnya membaca hasil musyawarah sebelas suku Kampung Pujud yang menetapkan penganugerahan kepada Syamsuar sebagai Datuk Seri Alamsyah. Gelar ini bisa dipakai Gubri selama masa hidupnya.

Selanjutnya pembacaan warkah penabalan adat Kampung Pujud kepada Syamsuar.

Disebut sebelas suku adat Kampung Pujud dengan takzim memberi gelar adat ini setelah melalui rapat.

Setelah pembacaan hasil rapat sebelas suku Kampung Pujud dan warkah. Penabalan ini di  "Iyokan Uyang Banyak," dengan tiga kali pemukulan gong setiap kata "Iyo" yang dijawab masyarakat yang hadir.

Penabalan ini semakin sah dengan pemasangan tanjak Datuk Munau Kampung Pujud, pemasangan selempang yang dilakukan Datuk Seri Maha Rajo Saleh Djasit, dan pemasangan keris yang dilakukan Ketum MKA LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf. (*)

Tags : gubernur riau syamsuar, gelar datuk seri alamsyah, gelar dari kampung pujud, gelar datuk seri alamsyah dari kampung pujud, News,