Riau   2023/09/19 15:52 WIB

Gubernur Syamsuar Buka Festival Pangan Lokal yang Ditaja PTPH Riau

Gubernur Syamsuar Buka Festival Pangan Lokal yang Ditaja PTPH Riau
Gubri Syamsuar membuka Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA (foto/int)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA resmi dibuka Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

"Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Riau taja Festival Pangan Lokal."

"Bagi masyarakat kami harapkan agar senantiasa melakukan upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, seperti berkaitan dengan produksi ketersediaan distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini tingkat lokal nasional maupun internasional," kata Gubernur Riau Syamsuar saat membuka Festival Pangan Lokal yang Ditaja PTPH Riau seperti dirilis mcr, Selasa (19/9).

Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) merupakan aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral. Jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang, dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

Festival bertema "Kenyang Tidak Harus Nasi, Sehat Bahagia dengan Pangan Lokal" diikuti oleh 10 kabupaten/kota se-Riau dengan menampilkan beragam olahan pangan lokal.

Gubri berharap bisa memantapkan kemandirian pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam (SDA) dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, dan lain-lain.

Sementara itu, PTPH Riau, Syahfalepi menyebut bahwa mengkonsumsi B2SA dengan pemanfaatan pangan lokal sangat penting diterapkan dalam pola hidup sehari-hari.

"Semoga Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu B2SA dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip B2SA dengan memanfaatka  olahan pangan lokal," sebutnya. (*)

Tags : gubernur riau syamsuar, festival pangan lokal, pekanbaru, dinas pangan tanaman pangan dan hortikultura, ptph taja festival pangan lokal,