Riau   2021/05/13 16:48 WIB

Gubernur Syamsuar Jadi Khatib Salat Idul Fitri 1442 H di Kediaman

Gubernur Syamsuar Jadi Khatib Salat Idul Fitri 1442 H di Kediaman
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSI jadi Khatib Salat Id di kediamannya, Kamis (13/5/2021).

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi jadi khatib Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah Tahun 2021 tetap menyinggung Covid-19.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama keluarga melaksanakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021 Masehi secara terbatas di Kediaman Gubernur Riau, Gubri bertindak langsung sebagai khatib.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh pihak untuk tetap mensyukuri setiap kondisi yang terjadi dan berusaha mengambil hikmah di balik itu semua, salah satunya suasana Ramadan dan Idul Fitri di tengah Pandemi Covid-19 ini. "Dalam rangka mewujudkan rasa syukur sekaligus juga mengharapkan ridho dari Allah, semoga amal ibadah selama bulan suci Ramadan yang penuh maghfirah ini diridhoi Allah," katanya, Kamis (13/5/2021).

Gubri menyebutkan, Ramadan dan Idul Fqitri dua tahun ini memang terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jelasnya, dulu setiap orang bulan tersebut disibukkan dengan aktivitas harian, mulai dari berangkat kerja hingga kembali ke rumah dengan segala kegiatannya.

Namun saat ini, menurut Syamsuar, pemandangan hilir mudik masyarakat sedikit berkurang karena pandemi Covid-19 dan semua kegiatan dilakukan secara terbatas, termasuk tadarus, tarawih di rumah, bahkan i'tikaf pada 10 terakhir bulan Ramadan pun ditiadakan. "Mungkin Ramadan kali ini Allah menginginkan kita untuk lebih memperhatikan ibadah kita dan lebih dekat dengan keluarga karena beraktivitas secara terbatas," sebutnya.

Untuk itu, Gubri mengharapkan masyarakat bisa mengambil hikmah Ramadan yang spesial ini agar bisa menata hati dan mempertanyakan pada diri apa yang sebetulnya dicari dalam hidup ini. "Jika kondisi ini masih membuat abai dan tidak sadar, maka dengan cara apa lagi Allah memperingati kita," tuturnya.

Syamsuar berharap Tuhan selalu membukakan pintu hati semua pihak untuk mengambil hikmah setiap musibah, sehingga wabah ini segera sirna dan kembali menjadi insan yang mulia dan insan bertakwa. "Tidak ada yang perlu kita sedihkan dengan kondisi saat ini, justru kita lebih sedih kalau amal ibadah kita tidak diterima, mari kita berdoa agar kita semua diberikan hidayah oleh Allah," tutupnya. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Khatib Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah, Lebaran 2021,