Headline Riau   2022/05/02 14:14 WIB

Gubernur Syamsuar Memastikan Tidak ada Open House, 'Tapi tetap Menerima Silaturahmi'

Gubernur Syamsuar Memastikan Tidak ada Open House, 'Tapi tetap Menerima Silaturahmi'

Sudah dua tahun terakhir Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si tidak mengadakan open house, namun tetap menerima silaturahmi.

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar memastikan tidak ada open house di rumah dinasnya saat lebaran tahun ini. Namun jika masyarakat datang, tetap diterima.

"Open house masih dilarang. Namun kalau ada masyarakat datang ke rumah, ya saya tidak bisa menolak," terang Syamsuar usai salat Idul Fitri di Masjid Raya An Nur, Senin (2/5/2022).

Syamsuar mengaku tidak bisa membatasi masyarakat untuk silaturahmi. Hanya saja silaturahmi masih dibatasi dengan tidak mengelar open house. Tetapi masyarakat sudah sangat merindukan Idul Fitri seperti sebelum ada pandemi COVID-19.

Hal itu terlihat saat pelaksanaan salat Idul Fitri yang ramai di sejumlah masjid dan fasilitas umum. "Idul Fitri ini masyarakat cukup ramai. Ini karena sudah 2 tahun masyarakat tidak dapat melaksanakan ibadah seperti ini," kata Syamsuar.

Ramainya masyarakat menggelar salat Idul Fitri disebut untuk melepas kerinduan selama 2 tahun pandemi. Bahkan akses menuju Masjid An Nur sempat macet.

"Alhamdulillah melepas kerinduan, selama ini masyarakat tak bisa melaksanakan. Ini sangat luar biasa. Bahkan tadi saya lihat sampai macet, tadi malam juga orang pada belanja masih ramai," kata Syamsuar.

Sebelumnya, Masjid di Kota Pekanbaru, Riau mulai menggelar salat Idul Fitri tahun ini. Di Masjid Raya An Nur, terlihat ribuan jemaah memenuhi masjid hingga pelataran seluas 12, 4 Ha tersebut.

Di Masjid Raya An Nur jemaah sudah mulai datang sejak pukul 06.00 WIB. Jemaah datang melewati sejumlah akses masuk masjid yang seluruhnya dibuka petugas.

Terlihat ribuan jemaah tidak dapat masuk ke dalam masjid. Mereka pun harus ambil posisi salat di pelataran dengan bersalas koran dan karton.

Sementara masyarakat yang tak kebagian tempat di pelataran pun harus mengambil posisi di bawah-bawah pohon kurma dan pohon di sekitar masjid. Antusias terlihat setelah 2 tahun salat Idul Fitri ditiadakan.

Selain ribuan jemaah, Gubernur Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution hadir di tengah-tengah jemaah. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Tidak Menerima Open House, Menerima Silaturahmi,