News   2022/12/25 14:24 WIB

Gubri Cek Pengamanan Nataru 2022/2023, 'yang Sudah Dikerahkan Personel Gabungan di Lokasi'

Gubri Cek Pengamanan Nataru 2022/2023, 'yang Sudah Dikerahkan Personel Gabungan di Lokasi'
Gubernur Riau, Syamsuar meninjau persiapan pengamanan jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau, Syamsuar meninjau persiapan pengamanan di Kota Pekanbaru jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023.

"Pengamanan Nataru 2022/2023 sudah dikerahkan personel gabungan di tiap lokasi."

"Dari informasi yang kami peroleh tadi, semuanya sudah siap dan mereka sudah siap untuk beribadah. Bahkan, mulai sore ini sudah melaksanakan ibadah sampai malam nanti," kata Gubri Syamsuar didepan media, Sabtu (24/12).

Lokasi yang dikunjungi Gubri yakni Gereja HKBP Jalan Hang Tuah, Pospam Sukaramai Trade Center (STC) Jalan Sudirman, Gereja Santa Maria Jalan A Yani dan berakhir di gudang beras Bulog Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

Gubri Syamsuar mengatakan, peninjauan ini dilakukan dalam rangka untuk melihat kesiapan penjagaan perayaan Nataru 2022/2023.

Syamsuar menuturkan, kegiatan peninjauan tersebut juga untuk meyakinkan agar suasana ibadah dalam keadaan aman lancar serta menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

"Kita tentunya meyakinkan agar mereka beribadah dalam keadaan aman lancar. Dan semoga tentunya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan," sebutnya.

Dalam peninjauan itu, Gubri didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 031/Wirabima Brigjen Parlindungan Hutagalung, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady, Danlanal Dumai Stanley Lekahena dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

Gubri Syamsuar juga meminta perayaan tahun baru tidak dilaksanakan dengan dengan cara euforia berlebihan, yang justru dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal tak diinginkan. 

"Memang tidak ada lagi pembatasan aktivitas warga pada malam pergantian tahun baru 2022/2023 nanti, tapi jangan pula terlalu euforia berlebihan. Hura-hura hingga menimbulkan hal tak diinginkan. Biasa-biasa sajalah," ucapnya.

Perayaan tahun baru diharapkan dapat diisi dengan kegiatan positif. Situasi yang sudah terpelihara dengan baik diharapkan dapat terjaga.

"Memang tahun ini sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tapi sebaiknya bagaimana kita bisa menjaga situasi yang sudah membaik ini kita manfaatkan kegiatan positif," ajak Gubri.

Sementara Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal menegaskan akan melakukan penjagaan keamanan untuk masyarakat dengan maksimal, khususnya saat momen natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023.

Kapolda Iqbal menuturkan, sebanyak 3.063 personel gabungan diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Lancang Kuning tahun 2022.

"Dari pihak kepolisian, ya kita melaksanakan operasi lilin untuk pelayanan dan pengamanan di dalam momentum natal dan malam pergantian tahun," kata Kapolda.

Ia menuturkan, lebih dari 30 Pospam dan Posyan disebar di seluruh pelosok Riau dan tentunya titik-titik pos tersebut dikategorikan strategis untuk mencegah kerawanan.

"Baik itu rawan kemacetan, kecelakaan dan juga gangguan keamanan dari skala kecil tindak pidana konvensional sampai ke strata yang paling tinggi yaitu aksi teror," tegasnya.

Masih kata M Iqbal, pihaknya bersama TNI dan seluruh stakeholder serta semua elemen masyarakat akan terus bekerjasama dengan maksimal dalam melakukan upaya-upaya pre-emtif dan preventif.

"Kita akan bekerja maksimal dengan seluruh stakeholder dan semua elemen masyarakat untuk melakukan upaya pre-emtif dan preventif dan juga melakukan penegakan hukum bagi pelaku yang ingin melakukan aksinya," tegasnya.

Kapolda Iqbal mengimbau, masyarakat yang merayakan natal untuk fokus beribadah. Untuk personel yang bertugas, akan maksimal melakukan pelayanan dan pengamanan.

"Saya mewakili teman-teman dari TNI juga mengimbau agar semua masyarakat di riau untuk lebih menahan diri pada malam pergantian tahun. Tidak perlu terlalu hura-hura apalagi kebutan-kebutan, pestapora atau nanti mengkonsumsi hal-hal yang tidak diinginkan (narkoba). Karena nanti akan berurusan dengan penegak hukum. Prinsipnya kami akan maksimal menjaga," pesannya. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Gubri Cek Pengamanan Nataru 2022/2023, Personel Gabungan Dikerahkan di Nataru, News,