Riau   2020/12/02 11:19 WIB

Gubri dan Istri Dirawat di Rumah Sakit, 'yang Pernah Kontak Erat di Swab'

Gubri dan Istri Dirawat di Rumah Sakit, 'yang Pernah Kontak Erat di Swab'
Gubernur Riau Syamsuar dan Misnarni [Istri]

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama istri Misnarni yang sudah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan di rumah sakit, keduanya ditempatkan dalam satu ruang perawatan yang sama.

PEKANBARU - Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, saat ini kondisi Gubri bersama istri dalam keadaan stabil dikarenakan tidak memiliki keluhan yang berat. Namun demikian, untuk memastikan kondisinya tetap stabil dan juga mempertimbangkan faktor usia dan juga memiliki komorbid, Gubri bersama istri saat ini menjalani perawatan di rumah sakit. "Sekitar pukul 13.00 WIB tadi (kemarin, red), Pak Gubernur dan istri dibawa ke rumah sakit. Mereka ditempatkan di satu ruangan yang sama. Kebijakan kami memang kalau ada pasien positif yang masih keluarga, ditempatkan di ruang yang sama agar bisa saling memotivasi satu sama lain," kata Indra Yovi dalam konfresni pers nya, Rabu ini.

Gubri mulai mengeluhkan sakit sebagai gejala awal terkonfirmasi positif Covid-19 usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Riau, Senin (30/11/2020). Sebelumnya, saat istrinya dinyatakan positif, hasil swab Gubri negatif dan tidak mengeluh sakit sama sekali. "Jadi Pak Gubernur mulai mengeluhkan tidak enak badan usia mengikuti rapat paripurna di DPRD Riau Senin, siang. Kemudian sorenya langsung dilakukan swab, dan pagi tadi (kemarin, red) diketahui hasilnya positif Covid-19," sebutnya.

Pihaknya akan tetap melakukan perawatan sesuai dengan standar penanganan pasien positif Covid-19. Setibanya di rumah sakit, juga sudah langsung dilakukan foto rontgen, darah dan lainnya.  "Ada beberapa dokter yang ikut dalam penangangan Gubri, seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter jantung dan dokter paru. Jadi semua dokter itu akan berkolaborasi bersama supaya Gubri cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti semula," ujarnya.

Yovi juga meminta kepada masyarakat dan semua pihak yang pernah kontak erat segera melapor ke dinas kesehatan setempat, atau pelayanan kesehatan terdekat. Terutama yang memiliki gejala seperti batuk dan demam. "Kalau ada yang merasa pernah berkontak dengan Gubri, dan saat ini memiliki gejala seperti demam, batuk, kehilangan indra penciuman, diharapkan untuk dapat segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat," pintanya.

Kontak erat dengan Gubri di swab

dr Indra Yovi juga menekankan kepada setiap orang yang hadir pada saat Rapat Paripurna di DPRD Riau jika melakukan kontak fisik dengan Gubri Syamsuar untuk segera melakukan swab. "Kami mengimbau kepada siapapun yang ikut dalam Rapat Paripurna di DPRD Provinsi Riau kemarin, ditambah lagi jika ada melakukan kontak langsung (mungkin bersalaman) sebaiknya segera menghubungi Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya, untuk melakukan swab," ucap Yovi di Gedung Daerah.

Individu yang diharuskan untuk swab adalah mereka yang melakukan kontak langsung atau bersentuhan kulit dengan Gubri. Selain itu, jika ada pihak-pihak yang berbicara dengan Syamsuar dalam jarak yang dekat, dan sesekali membuka masker, juga diminta untuk segera memeriksakan kondisi kesehatannya. "Yang swab, hanya mereka yang ada bersentuhan atau ada berbicara langsung secara dekat dengan Pak Gubernur. Kalau memang dalam satu ruangan tapi dengan jarak yang jauh, ya tidak perlu,” jelas Yovi.

Kondisi Gubri dan istri saat ini, setelah terkonfirmasi Covid-19, telah dirujuk langsung ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan secara intensif. Langkah ini menurut Yovi, sengaja diambil atas dasar pertimbangan kekhawatiran adanya penyakit penyerta. Dan Yovi tidak menyebut secara rinci di rumah sakit mana keduanya dirawat. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar dan Misnarni, terkonfirmasi positif Covid-19, Dirawat di Rumah Sakit,