Pendidikan   2024/08/25 16:37 WIB

Guru PPPK Riau Sudah pada Mengeluh karena Gajinya Belum Dibayar

Guru PPPK Riau Sudah pada Mengeluh karena Gajinya Belum Dibayar
Ilustrasi Guru PPPK

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Guru ASN PPPK [Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja] di Provinsi Riau keluhkan karena gaji pada bulan Juli dan Agustus 2024 belum cair.

"Guru PPPK Riau tahun 2023 mengeluh gaji belum cair."

"Salah satu rekan kami sedang hamil delapan bulan. Dia akan segera melahirkan, dan membutuhkan biaya untuk persalinan. Namun, gaji PPPK nya belum juga cair sudah dua bulan," kata Eko Wibowo, Ketua ASN PPPK Guru 2022 Riau, Sabtu (24/8).

Eko Wibowo yang juga disapa Ekowi ini, dengan nada lirih menyampaikan curahan hati para guru ASN PPPK formasi 2023.

"Gaji mereka [PPPK Riau] yang dinanti-nantikan hingga kini belum juga cair."

"Bagi sebagian besar orang, gaji mungkin hanya angka di rekening, tetapi bagi para guru PPPK Riau, gaji adalah napas kehidupan," kata dia.

"Bayangkan, seorang ibu yang sedang mempersiapkan diri menyambut kehidupan baru, namun justru dibayangi kecemasan karena belum mendapatkan haknya," sebutnya.

"Situasi ini tentu tidak hanya menjadi beban bagi sang ibu, tetapi juga bagi para guru lainnya yang tengah berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,' sambungnya.

"Dia dan rekan-rekan yang lain sangat membutuhkan gaji ini, untuk makan, biaya anak sekolah, dan kebutuhan lainnya," ujarnya lagi.

"Kami berharap pemerintah Provinsi Riau mendengar curahan hati kami. Jangan sampai guru-guru PPPK ini berhutang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari," tambah tokoh muda pendidikan Riau ini.

Keterlambatan pembayaran gaji ini seolah menjadi ironi di tengah upaya pemerintah daerah yang giat membangun berbagai sektor. Namun justru terkesan lambat dalam memperhatikan kesejahteraan para pendidik.

Diharapkan pendidikan seharusnya menjadi prioritas, bukan hanya dalam retorika, tetapi juga dalam tindakan nyata. Karena di tangan para guru, generasi penerus bangsa ditempa dan dipersiapkan untuk menghadapi masa depan.

"Masalah pendidikan tentu jadi prioritas Pemda. Masak bangun yang lain bisa, kenapa gaji guru PPPK 2023 kok lama gajiannya?," kata Ekowi yang juga berharap gaji guru PPPK untuk menutup banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. (*)

Tags : guru pegawai pemerintah perjanjian kerja, guru pppk riau, guru pppk mengeluh, guru pppk belum terima gaji,