Rokan Hilir   2024/08/11 9:57 WIB

H. Bistamam Siap Berlayar di Pilkada 2024 yang Banyak Didukung Partai Besar

H. Bistamam Siap Berlayar di Pilkada 2024 yang Banyak Didukung Partai Besar
H. Bistamam - Jhony Charles

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] Kabupaten Rokan Hilir [Rohil] tinggal empat bulan lagi [November 2024], namun H. Bistamam salah satu figur kelihatannya sudah siap berkontestasi dan bertarung untuk memperebutkan kursi orang nomor satu di Kabupaten berjuluk negeri seribu kubah tersebut.

"Satu figur kuat [H. Bistamam] diperkirakan mampu bersaing dengan Bupati Petahana, Afrizal Sintong."

"Insyaallah kami berkomitmen bakal maju di Pilkada Rohil 2024-2029," kata Ir Ganda Mora SH M.Si, tokoh aktivis dan tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat, Ketum SALAMBA dan Ketua INPEST.

Menurut Ganda Mora, sudah saatnya Rohil dipimpin orang yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah dan mensejahterakan rakyatnya.

"Masyarakat harus jeli dalam mencari figur pemimpin yang benar-benar amanah untuk dapat memikirkan masa depan Rohil. Tetapi sudah jelas H. Bistamam akan berpasangan dengan Jhony Charles," tuturnya.

Ditanya, pasangan H. Bistamam, Ganda menyebutkan, pengusaha sukses [H. Bistamam] sudah malang- melintang di dunia perpolitikan Kabupaten Rohil menyatakan bersedia, siap maju mencalonkan diri menjadi penantang petahana.

"Sekarang sedang penajajakan, soal siapa pasangannya, ini sedang penjajakan. Yang jelas juga merupakan tokoh yang mampu menyaingi kepopuleran dan keterpilihan yang mampu mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya," ungkapnya.

‘’Selain mampu mendongkrak popularitas dan elektabilitas, calon wakil bupati pilihan Bistamam, juga harus mempunyai kemampuan dalam membantunya menjalankan roda pemerintahan ketika mereka diamanahkan untuk memimpin Rohil masa bakti 2024-2029 nanti,’’ ujarnya.

Lain lagi disebutkan tokoh masyarakat Rohil M Fadlan.

Menurutnya, calon yang cocok untuk mendampingi Bistamam, sebaiknya seorang birokrat atau mantan birokrat yang berpengalaman dan pernah pula memegang jabatan strategis di pemerintahan.

‘’Hal ini penting, agar bupati dan wakil bupati bisa saling mengisi dan saling melengkapi, sehingga bisa membawa Rohil menjadi kabupaten yang terbilang dan cemerlang,’’ ujar Fadlan.

Kabarnya nama Hendri Sani, yang merupakan putra H. Sani yang juga adik kandung Herman Sani, mantan Kepala Biro Umum, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, di munculkan untuk mendampingi H Bistamam.

"Itu merupakan ide dan pilihan terbaik," kata Fadlan yang juga mantan anggota DPRD Rohil tahun 2004 - 2009 dari Partai Bintang Reformasi [PBR] ini menyikapinya.

Menurut Fadlan, Hendri adalah mantan Birokrat yang cukup berpengalaman, karena sempat memegang beberapa jabatan strategis di Pemerintahan Kota Dumai.

Dia pernah bertugas di Dinas Pendapatan Daerah dan terakhir jabatan Kepala Badan Investasi dan Perizinan Kota Dumai.

‘’Saya yakin berdasarkan pengalamannya di pemerintahan Kota Dumai itu, dia akan bisa membantu dan bekerjasama dengan H. Bistamam menjalankan roda pemerintahan di Rohil bila terpilih nanti,’’ ujar Fadlan.

Fadlan menilai bahwa sosok Hendri pekerja keras, dan tidak pernah berpikir untuk kepentingan politik pribadinya. Sehingga ia  yakin, jika terpilihakan membantu Bupati sekuat dengan skill yang dia miliki. 

Tetapi seperti disebutkan Ganda Mora lagi, jika pasangan ini [H. Bistamam- Hendri] dapat disandingkan, ini akan menjadi pasangan ideal yang bisa memenangkan perebutan kursi nomor satu di Rohil. 

‘’Karena pasangan ini saling melengkapi, bisa direpresentasikan keterwakilan masyarakat wilayah Hulu dan Hilir,’’ ujar Ganda. 

Jika kedua figur mumpuni ini bisa disandingkan, Ganda Yakin pembangunan di Rohil akan bisa dipacu, sehingga menjadi Kabupaten maju dan berkembang, "sebab Bistamam, sebagai seorang pengusaha, akan mampu menarik investor untuk berinvestasi di Rohil," ungkapnya.

Sementara Hendri, sambungnya bisa membantu membenahi jalannya roda pemerintahan secara efektif dan efisien, sehingga semakin menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modalnya di Rohil. 

Hendra Setiawan ST, yang saat ini menjabat sebagai Dewan Penasehat Ikatan Pelajar Mahasiswa Rokan Hilir Jakarta [IPEMAROHIL Jakarta], Putra Kelurahan Bagan Hulu Bagansiapiapi Kecamatan Bangko juga menilai hal sama soal pasangan H. Bistamam ini.

Menurutnya, mantan pejabat Kota Dumai Rohil Hendri Sani bisa mendampingi H. Bistaman seorang pengusaha asal Rantau Bais Kabupaten Rohil ini.

"Hendri Sani sendiri menyatakan siap maju bertarung di pesta Demokrasi Pilkada Rohil November 2024," ucap Hendra Setiawan.

Pada 2020 lalu Hendri Sani juga pernah bertarung sebagai Calon Wali Kota Dumai, akan tetapi kalah suara dengan Rivalnya H. Paisal [sekarang Walkot Dumai].

Pilkada Serentak Masih beberapa Bulan Lagi, Telah Bermunculan Nama – Nama Calon Bupati dan Wakil Bupati Yang akan Mengikuti Kontestan Pilkada Rohil

Tetapi diakui, bila disandingkan H. Bistamam - Hendri Sani ST mendapat apresiasi dari berbagai komponen masyarakat Rohil, khususnya kaum muda, baik yang berada di dalam  maupun yang berada di luar Kabupaten Rohil.

Hendra Setiawan ST mengaku mendukung sepenuhnya jika keduanya benar-benar bisa disandingkan untuk berkontestasi dalam Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar November mendatang.

Hendra Setiawan mengakui, setiap orang yang punya potensi untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan di Rohil, "harus kita dukung, termasuk Hendri Sani yang kita kenal juga sebagai putra kelahiran Bagan Hulu," sebutnya..

Jika H. Bistamam mau di pasangkan dengan Hendri Sani, ini bisa menjadi pasangan paling ideal, karena pasangan ini bisa bekerjasama dalam membawa perubahan di Rohil, kataHandra Setiawan.

Menurutnya, pasangan ini [H. Bistamam-Hendri Sani] diyakini bisa menjadikan Rohil, menjadi salah satu kabupaten maju dan berkembang di Provinsi Riau, karena memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, yang bisa dijadikan modal pembangunan untuk memajukan daerah Rohil.

"Ini pasangan yang saling melengkapi, dimana H. Bistamam dengan pengalaman hidupnya, sehingga memiliki pikiran yang bijak, sementara Hendri Sani berusia lebih muda, namun berpengalaman di birokrasi pemerintahan."

"Tentu akan sangat memberikan pengaruh positif dalam menjalankan roda pemerintahan di Rohil lima tahun ke depan, jika mendapat kepercayaan dari masyarakat, untuk memimpin kabupaten yang pernah menjadi penghasil ikan terbesar nomor dua di dunia itu," ujar Hendra Setiawan.

Hendra yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Persatuan Masyarakat Riau (PMRI) yakin, tidak perlu waktu lama bagi kedua figur ini, untuk bisa menjadikan Kabupaten Rohil, menjadi Kabupaten yang maju dan berkembang sehingga mampu menyalip kemajuan Kabupaten dan Kota lain yang ada di Riau.

Kedua tokoh ini adalah pekerja keras yang tidak memikirkan apa yang akan mereka dapat, ketika dipercaya untuk memimpin daerah, tetapi lebih memikirkan apa yang bisa mereka berikan untuk kemajuan Rohil pada umumnya, ujar Hendra.

Demikian juga dengan Ahmad Iqbal Arfani, S.kom, mantan ketua Ipemarohil Jakarta, periode 2017-2018, merupakan tokoh pemuda Rohil, yang berasal dari Bagan Batu.

Dirinya sangat mendukung jika H. Bistamam berdampingan dengan Hendri di Pilkada 2024 ini.

"Memang saya mendengar ada nama Hendri Sani yang digaungkan untuk mendampingi H. Bistamam dalam Pilkada 2024," ucap Iqbal.

Hanya saja, kata mantan Ketua Ipemarohil yang kini menetap di Bagan Batu ini, sampai saat ini dirinya belum mendengar secara langsung keterangan dari Hendri Sani, kalau dirinya memang bersedia mendampingi H. Bistamam, begitu juga sebaliknya, kata Iqbal dirinya juga belum mendengar pernyataan langsung dari Bistamam untuk menyatakan bersedia didampingi oleh Hendri Sani.

"Jika benar Hendri Sani mau mendampingi H. Bistamam, bukan dikarenakan Hendri haus akan jabatan  dan kekuasaan tapi disebabkan dirinya risau dengan keadaan Rohil saat ini," sebut Iqbal.

"Rohil kampung halaman saya, walaupun selama ini banyak bertugas di luar Rohil, tapi hati saya tetap cinta tanah kelahiran. Tetapi belakangan kian tak beres," kata Iqbal lagi.

Menurutnya, Hendri Sani memiliki pengalaman yang mumpuni di birokrasi, karena sempat memegang beberapa jabatan strategis di Pemko Dumai selama menjadi Aparatur Sipil Negara [ASN] di Pemko Dumai.

Jabatan terakhirnya adalah sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal [DPMPTSP] Kota Dumai tahun 2010 – 2020 yang mengundurkan diri karena mengikuti kotenstan pemilihan Kepala Daerah Kota Dumai.

Rekam jejak Hendri Sani menunjukkan kalau ianya seorang pekerja professional dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik , orang seperti inilah yang dibutuhkan Rohil saat ini, kata Iqbal.

Kini H. Bistamam membuktikan keseriusannya maju di Pilkada Serentak 2024 yang banyak dudukung partai, kata Tenaga Ahli H. Bistamam yakni Ranto.

Ia mengaku tokoh sentral di Rohil [H. Bistamam] itu banyak didukung partai seperti Partai Gerindra, Demokrat, Nasdem dan PKB.

Nama H. Bistamam memang sudah sejak lama disebut-sebut masyarakat Rohil untuk maju sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hilir dalam kontestasi Pilkada 2024.

Ranto mengakui H. Bistamam selain pengusaha sukses juga dikenal sebagai bapak kepala transmigrasi itu kini sudah siap berlayar menuju Pilkada 2024. (*)

Tags : pilkada serentak 2024, pilkada rohil, H. Bistaman siap Berlayar di Pilkada 2024, H. Bistamam Banyak Didukung Partai,