Riau   2020/08/10 10:44:00 AM WIB

Harapan Dewan di HUT Provinsi Riau Ke-63

Harapan Dewan di HUT Provinsi Riau Ke-63

POLITIK - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Indra Gunawan Eet berharap pada Hari Jadi Ke-63 Provinsi Riau tahun 2020, agar seluruh masyarakat Riau bisa menjaga marwahnya dan semakin maju serta berjaya di usia ke-63 Tahun 2020 ini.

"Kami mengucapkan selamat ulang tahun Provinsi Riau ke-63, harapan kami di hari jadi Provinsi Riau ini, semoga Riau semakin bermarwah. Mari kita doakan, agar Riau semakin jaya selalu," kata Indra Gunawan Eet saat memimpin Rapat Istimewa Hari Jadi Provinsi Riau Ke-63 tahun pada Minggu (9/8/2020) di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Riau.

Selain itu, Eet juga menyampaikan semua stakeholder harus bahu-bahu dalam membangun Riau kedepan, agar lebih maju lagi. Apalagi saat ini negara, termasuk provinsi Riau, sedang dihadapkan dengan wabah Pandemi Covid-19. Tidak hanya mengacaukan sisi kesehatan manusiaan, namun Pandemi Covid-19 juga ikut merontokkan sektor perekonomian. "Untuk menstabilkan ekonomi di Riau akibat Pandemi Covid-19, Pemprov Riau bersama stakaholder, harus bisa bersama-sama bekerja sama dengan baik mengatasi persoalan ini," harapnya.

Pihaknya Legislatif mengaku siap menjalankan fungsinya untuk menjaga marwah Riau. Serta menjaga Riau tetap kondusif, aman dan tentram, sehingga perekomian masyarakat tetap bisa berjalan, meski sedang negeri ini dilanda musibah Pandemi Covid-19. "Kami di DPRD Riau, siap untuk menjalankan fungsi, agar Riau tetap kondusif, aman dan tentram. Kita harus tetap semangat, jaga marwah Riau, di bumi lancang kuning ini," pungkas Ketua DPRD Riau Indera Gunawan Eet.

Di paripurna istimewa memperingati hari jadi ke-63 Provinsi Riau di gedung DPRD setempat, Indera Gunawan Eet didampingi Wakil Ketua Hardianto, H Asri Auzar, H Zukri Misran serta seluruh anggora dewan serta di Paripurna puncak HUT Provinsi Riau juga dihadiri, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Forkompimda serta seluruh kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Guawan Eet dalam sambutannya mengatakan, dalam momentum HUT ke-63, Pemerintah Provinsi Riau dan para SKPD diharapkan dapat bekerja dengan maksimal guna menjadikan Riau lebih baik, sejahtera adil dan makmur. "Melalui HUT Provinsi Riau ke-63 ini, mudah-mudahan kita bisa lebih baik lagi ke depan, bekerja lebih keras sehingga bisa menjadikan Riau yang sejahtera," kata Indra Gunawan.

Pada kesempatan itu, dia meminta momen ini dijadikan momentum aparatur mempercepat pembangunan disegala bidang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Hari jadi provinsi ini harus memacu segenap aparatur negara termasuk tokoh masyarakat dalam percepatan pembangunan dengan program yang dicanangkan gubernur," kata Indra Gunawan.

Ia juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Riau meningkatkan pembangunan infrastruktur guna mengejar ketertingalan-ketertinggalan dari provinsi lain. Menurutnya, semua tokoh di Riau, khususnya yang berkiprah di daerah, harus memotivasi pemerintah Riau dan ikut membangun Riau ke depan agar lebih baik. Pemerintah Riau dan daerah, lanjut Indra Gunawan, solidnya sama. Salah satunya yakni bagaimana mengurangi pengaguran dan ketimpangan yang ada, serta menciptakan lapangan pekerjaan. "Mari bersama-sama membangun, apa yang menjadi program gubernur akan bisa terjawab dengan baik dengan kerjasama yang baik. Penggalangan kekuatan bersama dari unsur penyelengaraan pemerintah adalah suatu kunci berhasilnya mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kata Indra Gunawan, dukungan masyarakat adalah modal sosial untuk mencapai target pembangunan. Keterlibatan serta pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku aktif sangat diperlukan. "Jangan berhenti mengajak semua masyarakat untuk menjaga mentalitas dan integritas serta etika-etika berbangsa. Kondisi lingkungan harus juga kondusif. Pembangunan akan lancar jika stabilitas keamanan dan kenyamanan tetap stabil," tegasnya.

Dikatakannya lagi, di usia Provinsi Riau yang genap 63 tahun, bukan hanya mengevakuasi yang telah dilakukan. Tapi berpikir bagaimana membangun untuk kemaslahatan masyarakat Riau.

Program Pemerintah

Memasuki usia 63 tahun, Provinsi Riau terus melakukan pembangunan yang difokuskan pada program pro rakyat melalui visi misi Riau. Berbagai program yang digagas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Natar Nasution, difokuskan pada program-program yang menyentuh langsung kepada kehidupan masyarakat. Ini sesuai visi pembangunan Provinsi Riau, yakni pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan, dan pendidikan, serta meningkatkan pendapatan daerah, yang salah satunya melalui empat sektor pariwisata.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang merupakan urat nadi perekonomian, juga akan dilakukan guna mewujudkan masyarakat mandiri dalam meningkatkan perekonomian. Pentingnya percepatan pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Riau adalah salah satu solusi meningkatkan perekonomian khususnya di daerah produksi pangan. Dia mengaku Provinsi Riau sudah bekerja dengan cepat untuk mengatasi masalah-masalah yang sangat urgen, seperti yang telah dilakukan saat penanganan Covid-19, Kabut Asap dan kebakaran hutan. Kemudian mengupayakan pemberantasan kebun ilegal yang diindikasikan telah mengusik hutan yang dilindungi.

Selain itu, Syamsuar-Edy Natar juga berkomitmen untuk mendukung upaya pemberantasan Pungli, salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Ini dilakukan untuk menekan angka Pungli dan upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Riau, begitu juga tentang program di bidang pendidikan, Syamsuar-Edy Natar memiliki program 15.000 beasiswa sampai tahun 2021, yang diperuntukkan bagi SMA, SMK, S1, S2, dan S3, serta dokter spesialis. Beasiswa tersebut diutamakan kepada orang-orang yang berprestasi. "Kita berharap semua program itu ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik tentang beasiswa juga diberikan untuk para guru agar kualitas guru semakin baik, dan kualitas dokter spesialis untuk di Rumah Sakit yang sangat dibutuhkan," katanya.(*)

Tags : Ketua DPRD Riau, Dr H Indra Gunawan Eet PhD, HUT Riau Ke-63, Harapan Dewan di HUT Riau ,