News Kota   2024/05/07 10:0 WIB

Harga Pangan di Pekanbaru Masih Mahal, 'yang Harus Menguras Uang Belanja Dapur'

Harga Pangan di Pekanbaru Masih Mahal, 'yang Harus Menguras Uang Belanja Dapur'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Hinggamemasuki bulan Mei 2024 kebutuhan pokok masih mahal yang dikeluhkan masyarkaat.

"Harga pangan masih mahal buat para ibu rumah tangga kembali menguras uang belanja."

"Harga cabai merah hari ini masih turun, karena mungkin faktor cuaca yang saat ini masih tak menentu dan mempengaruhi hasil panen ditingkat petani," kata Weni salah seorang pedagang di Pasar Pagi Arengka.

Tetapi masih tingginya harga kebutuhan pokok pada awal pekan Mei 2024 untuk mencukupi daftar kebutuhan dapur, masyarakat sepertinya harus menambah uang belanja.

"Ada beberapa kebutuhan dapur yang saat ini masih tinggi yakni harga minyak goreng curah diharga Rp 17.000 per liter padahal jika dibandingkan harga normal hanya berkisar Rp 15.000 per liter," kata para pedagang dipasar itu.

"Gula pasir juga masih mahal yakni Rp 19.000 per kilogram. Harga beras juga mengalami kenaikan seperti beras anak daro dari Rp 170.000 per kilogram naik menjadi Rp 175.000 per kilogram," keluh Ani, seorang ibu yang sedang berbelanja di pasar pagi. 

Sementara untuk kentang juga terpantau masih tinggi yakni Rp 18.000 per kilogram.

Saat ini ramai dikeluhkan yakni harga bawang merah Rp 48.000-50.000 per kilogram padahal jika dibandingkan harga normal hanya berkisar Rp 25.000 per kilogram.

"Untuk komoditas cabai masih fluktuatif atau turun naik."

"Untuk harga cabai merah medan saat ini masih terpantau Rp25.000 per kilogram sudah diharga normal. Meski cabai merah Medan sudah berada diharga normal. Namun untuk harga cabai rawit merah masih tergolong tinggi yakni Rp 60.000-70.000 per kilogram," kata seorang pedagang.

Masih tingginya harga kebutuhan dapur saat ini dikeluhkan masyarakat, bahkan untuk mencukupi kebutuhan diselama satu minggu kedepan masyarakat terpaksa menambah uang belanja.

"Biasanya belanja yang sifatnya basah seperti lauk pauk, sayur-sayuran, bawang dan cabai dan yang lainnya cukup Rp 300.000 untuk belanja mingguan, tapi sekarang terpaksa nambah lagi, itu di luar kebutuhan yang sifatnya kebutuhan berat seperti beras, minyak dan gula pada naik semua," ungkap Ani lagi. (rp.jon/*)

Tags : pangan, kebutuhan pokok, harga pangan masih mahal, harga pangan di pekanbaru, harga pangan kuras uang belanja, News Kota,