Headline Linkungan   2020/08/08 04:38:00 PM WIB

Hari Ini Hotspot Kambuh Lagi di Riau

Hari Ini Hotspot Kambuh Lagi di Riau

PEKANBARU - Sepertinya Riau belum lepas dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Buktinya, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali deteksi keberadaan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau. Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan, hari ini terdeteksi 46 hotspot di Bumi Lancang Kuning itu.

"46 hotspot terpantau di 12 Kabupaten/Kota di Riau. Terbanyak itu berada di Kabupaten Pelalawan yakni sebanyak 11 titik," ujar Mia Vadilla, Sabtu (8/8/2020).

Sejumlah 46 hotspot tersebar di Pelalawan 11 titik, Inhil 8 titik, Bengkalis 5 titik, Inhu 4 titik, Kampar, Kuansing, Rokan Hilir 3 dan Siak masing-masing 3 titik. "Selanjutnya Meranti dan Rokan Hulu masing-masing 2 titik. Kemudian Dumai dan Pekanbaru masing-masing satu titik," katanya.

Dari jumlah tersebut, 6 titik berada di level rendah dan 40 titik berada di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. "BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Mia.

Untuk informasi cuaca di Riau hari ini, BMKG memprediksi akan ada curah hujan,  namun hanya di sebagian kecil daerah di Riau. Seperti di Rokan Hilir dan Indragiri Hilir terutama pada malam dan dini hari nanti. Sedangkan suhu udara di Riau hari ini berada di angka 24.0 – 34.0 °C dengan Kelembapan udara :* 50 – 97 %. Sementara untuk arah angin bergerak dari Tenggara – Barat Daya / 10 – 30 km/jam dan untuk Prakiraan Gelombang Laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 m.

Hotspot terbanyak di Pelalawan  

Sebelumnya BMKG stasiun Pekanbaru, Jumat (7/8/2020) update pukul 16.00 WIB, sebanyak 33 hot spot atau titik panas muncul di level confidence di atas 50 persen. Dari jumlah ini, banyak muncul di Kabupaten Pelalawan yaitu 9 titik panas. Sementara Indragiri Hilir (Inhil) 6, Kampar 2, Indragiri Hulu 3, Bengkalis 3, Rokan Hulu 2, Rokan Hilir 1, Dumai 1, Pekanbaru 1, Kuansing 3 dan Kepulauan Meranti 2.

"Dari 33 titik panas yang ada di 11 kabupaten/kota di Riau tersebut yang paling banyak adalah di Kabupaten Pelalawan," ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Putri Santy Siregar.

Ditambahkannya, sementara untuk visibility atau jarak penglihatan update pukul 16.00 WIB, Pekanbaru 10 Km, Rengat 8 Km, Dumai 10 Km, Pelalawan 9 Km dan Tambang (Kampar) 10 Km. (*)

Tags : Titik Panas, Hotspot Riau, BMKG Riau,