Pekanbaru   2021/11/10 9:17 WIB

Hari Pahlawan 10 November: Sejarah dan Tema Peringatan Tahun 2021

Hari Pahlawan 10 November: Sejarah dan Tema Peringatan Tahun 2021
Purnawirawan Brigjen CPM Samsul Djafar.

PEKANBARU - Sebagaimana setiap tahunnya Kementerian Sosial RI menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.

Bagaimanakah membangunkan generasi muda untuk selalu ingat dan terinspirasi dengan perjuangan para Pahlawan Indonesia?

Purnawirawan Brigjen CPM Syamsul DJafar dalam acara interatif nya di Radiao Republik Indonesia [RRI] Pekanbaru pagi ini Rabu (10/11) menyinggung tentang peran generasi muda dalam menghormati para pahlawan.

"Generasi muda mungkin sudah keren dalam menghormati para pahlawan, namun bagaimanapun harus diwujudkan dengan hal-hal yang nyata," kata Syamsul Jafar.

"Itulah cara-cara baik untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur para Pahlawan."

Memperingati Hari Pahlawan setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahun, menurutnya, adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Kemerdekaan bangsa Indonesia menurut Syamsul Jafar, tidak pernah terlepas dari para Pahlawan yang berjuang untuk memerdekaan bangsa.

Menurutnya, banyak sekali para pahlawan yang memiliki perjuangan baik membuka cakrawala berfikir untuk merdeka, berperang untuk merebut kemerdekaan, berperang untuk menyatukan bangsa maupun berjuang untuk mengisi kemerdekaan.

Setiap tahun Hari Pahlawan yang diperigati setiap tanggal 10 November, katanya memiliki ciri khas.

"Adapun ciri khas yang mengobarkan semangat dan menghormati kepahlawanan dituangkan dalam sebuah Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2021 sehingga memiliki rasa kebersamaan dan kemeriahan nasional."

Pedoman Peringatan Hari Pahlawan dari Syamsul Jafar menegaskan bawha Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

"Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan."

Untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak lupa Syamsul Jafar mengingatkan tetap merperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

"Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 November, namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya."

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. "Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti : kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda dunia," sebutnya.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna, harapnya.

"Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing," ajaknya.

Melalui Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di tengah pandemi covid 19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan, sebutnya.

"Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2021 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya," ajaknya.

"Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di dalam setiap langkah kehidupan kita". (*)

Tags : Hari Pahlawan 10 November 2021, Pekanbaru, Sejarah dan Tema Peringatan Hari Pahlawan,