Bisnis   2023/06/20 13:0 WIB

Holding BUMN Perkebunan Bentuk Perusahaan Khusus untuk Kelola Bisnis Kelapa Sawit 

Holding BUMN Perkebunan Bentuk Perusahaan Khusus untuk Kelola Bisnis Kelapa Sawit 

JAKARTA - Holding BUMN Perkebunan, PTPN Group, membentuk perusahaan khusus yang mengelola bisnis kelapa sawit, yaitu PalmCo.

"Holding BUMN Perkebunan membentuk perusahaan khusus." 

"Kalau PTPN fokus serius di industri sawit, BUMN ini pasti semakin baik," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE), Tolen Ketaren, Minggu (11/6).

Menurutnya PalmCo dapat memperkuat peran PTPN Group dalam perekonomian nasional.

Peluang yang bisa diperoleh dari PalmCo, jelasnya, antara lain meningkatkan pendapatan petani karena kemampuan PalmCo menyerap produksi petani akan semakin besar, menjalankan hilirisasi komoditas sawit hingga mengamankan pasokan minyak goreng di dalam negeri.

Dia menilai pembentukan PalmCo tentunya akan diikuti dengan perluasan kapasitas bisnis dan tata kelola perusahaan.

Aksi bisnis ini, menurut Tolen, akan menjadi peluang baru bagi petani sawit yang selama ini menjadi pemasok tandan buah segar (TBS) ke pabrik-pabrik kelapa sawit PTPN Group untuk dipusatkan ke PalmCo.

Dengan pengembangan bisnis di PalmCo, maka volume TBS dari kebun-kebun petani yang diperlukan juga akan meningkat, sehingga akan diikuti dengan perbaikan harga dan pendapatan petani.

"Dengan adanya Palmco peluang bagi petani adalah bermitra dengan perusahaan, sehingga petani bisa mendapat harga yang lebih bagus," jelas Tolen Ketaren.

Tolen menambahkan dengan fokus mengelola bisnis sawit, PalmCo juga akan dapat memperkuat kemitraan dengan petani sawit, sehingga peran perusahaan dalam mengedukasi petani bisa lebih besar.

Petani yang teredukasi dengan baik, paparnya lagi, akan berperan juga dalam memastikan ketersediaan bahan baku, baik dari sisi kualitas maupun kepastian produksi. Artinya, kesinambungan kerja sama bisa dikelola dalam jangka panjang.

"Palmco bisa memberikan paluang bagi petani, edukasi yang lebih bagus, sehingga sawit bisa berkelanjutan," tambah Tolen Ketaren.

Dari skala industri, dia mengatakan PalmCo tentunya akan memiliki kemampuan mengolah sawit rakyat dan sawit dari kebun sendiri, tanpa harus menjual minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke pabrik swasta.

Kemampuan PalmCo menerapkan program hilirisasi komoditas perkebunan akan semakin besar. Salah satunya adalah memproduksi minyak goreng untuk kebutuhan pasar dalam negeri dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

"Dari sisi industri, kami berharap agar PTPN bisa berdiri sendiri tanpa harus menjual CPO-nya ke perusahaan refinery swasta. Tetapi diolah sampai produk hilir, seperti minyak goreng dan lain-lain," paparnya. (*)

Tags : holding bumn perkebunan, bumn bentuk perusahaan khusus, kelola bisnis kelapa sawit,