Teknologi   2021/01/20 13:32 WIB

Huawei Terus Tertekan Dipenghujung Jabatan Trump

Huawei Terus Tertekan Dipenghujung Jabatan Trump

TEKNOLOGI - Di pengujung jabatan, Presiden AS Donald Trump dan sekutunya mencabut lisensi menjual teknologi ke Huawei; sekaligus menolak lusinan permohonan serupa.

Intel merupakan salah satu produsen chip yang akan terdampak printah Trump tersebut, seperti dirilis Reuters, Selasa (19/1). Menurut narasumber yang meminta syarat anonim. Tindakan itu berpotensi jadi langkah terakhir Trump melawan Huawei, guna melemahkan perusahaan yang berbasis di Shenzhen itu. Huawei dan Intel menolak berkomentar.

Di sisi lain, Departemen Perdagangan tak bisa mengomentari keputusan perizinan tertentu--termasuk perintah eksekutif terbaru dari Trump. Yang jelas, Departemen Perdagangan mengatakan, "Kami terus bekerja dengan lembaga lain untuk menerapkan kebijakan perizinan menggunakan cara yang melindungi keamanan nasional AS, sekaligus kepentingan kebijakan luar negeri."

Pekan lalu, Asosiasi Industri Semikonduktor mengatakan, Departemen Perdagangan mengumumkan penolakan terhadap mayoritas permohonan ekspor ke Huawei. "Selain itu, lembaga itu (Departemen Perdagangan) juga mencabut lisensi yang mereka rilis sebelumnya," imbuh narasumber. Menurut keterangan dari narasumber lainya, terdapat pencabutan 8 izin dari 4 perusahaan.

Tags : Huawei, produsen chip, Tertekan, Terdampak pemerintahan Trump,