Riau   2023/10/30 16:10 WIB

Hutama Karya-Polda Riau Lakukan MoU Penerapan ETLE di Tol Permai, 'untuk Turunkan Angka Kecelakaan'

Hutama Karya-Polda Riau Lakukan MoU Penerapan ETLE di Tol Permai, 'untuk Turunkan Angka Kecelakaan'
Penandatanganan MoU HK-Polda Riau dalam upaya menekan angka kecelakaan di TOL Permai.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Untuk menekan angka kecelakaan di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), PT Hutama Karya (HK) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Polda Riau.

Untuk diketahui, kerjasama ini sendiri, meliputi penandatanganan Pedoman Kerja Teknis (PKT), peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Weight In Motion (WIM).

"Ya, tadi kita telah melaksanakan MoU bersama Polda riau dalam penerapan ETLE di ruas tol pekanbaru-dumai," ungkap Branch Manager (BM) Tol Permai, Jarot Seno Wibawamu, Senin (30/10).

Dengan hadirnya ETLE atau tilang elektronik ini di tol Permai, sambungnya, kita berharap dapat membuat pengguna jalan lebih berhati-hati dan mematuhi tata tertib berkendara yang benar di jalan tol, khususnya terkait kecepatan berkendara supaya bisa menghindari kecelakaan.

"Ini merupakan upaya kita untuk menekan angka kecelakaan di tol. Dan untuk sekarang, angka kecelakaan di tol Permai sendiri sudah relatif menurun. Intinya kita harap pengguna jalan makin sadar, dan bisa menggunakan jalan tol dengan benar agar angka kecelakaan ini bisa di tekan," ujarnya.

Di sisi lain, kita juga telah memasang WIM di tol Permai sebanyak empat titik, untuk melakukan pengecekan terhadap Angkutan Over Dimensi Over Load (ODOL).

"Jadi untuk WIM ada empat titik kita pasang, yang pertama di sebelum gerbang tol pekanbaru, kemudian di minas, pinggir (duri) dan terakhir di bathin solapan," terangnya.

"Untuk melakukan penindakan pengguna yang melakukan pelanggaran kita (HK) juga menggandeng Dit Lantas Polda riau dan dinas perhubungan," sebutnya. (*)

Tags : hutama karya dan polda riau kerjasama, mou hutama karya dan polda riau, penerapan etle di tol permai, turunkan angka kecelakaan di tol permai,